Film Women from Rote Island Jadi Perwakilan Indonesia di Oscar 2025

Film Women from Rote Island Jadi Perwakilan Indonesia di Oscar 2025

Film Women from Rote Island Jadi Perwakilan Indonesia di Oscar 2025

Women from Rote Island (Foto: Istimewa)


Film Women from Rote Island resmi menjadi perwakilan Indonesia di Academy Awards ke-97 atau Piala Oscar 2025.

Pemenang Film Terbaik FFI 2023 ini dimasukkan ke dalam kategori Best International Feature Film.

Baca Juga: Cerita Irma Novita Rihi Debut Akting di Film Women from Rote Island

Flm karya Jeremias Nyangoen tersebut dipilih menurut hasil pertimbangan Komite Seleksi Oscar Indonesia yang dikepalai Deddy Mizwar.

Pihak Bintang Cahaya Sinema selaku studio juga menyampaikan pengumuman tersebut di akun media sosial dengan menyertakan surat dari Komite Seleksi Oscar Indonesia yang bertanggal 17 September 2024.

Sebelum memilih Women from Rote Island, ada 16 judul film Indonesia yang mendaftarkan diri dan menjalani seleksi oleh Komite yang dibentuk oleh Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) dan diakreditasi oleh Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS).

Para komite tersebut terdiri dari Deddy Mizwar, Cesa David Lukmansyah, Edwin Nazir, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Ratna Riantiarno, Slamet Rahardjo, Thoersi Argeswara, dan Widyawati.

Sementara itu, Deddy Mizwar mengharapkan adanya dukungan dan peran aktif seluruh pihak yang terkait dengan industri film terkait kepesertaan Indonesia di ajang Piala Oscar.

"Hasil evaluasi kami, dukungan promosi film di Piala Oscars paling lemah. Sulit bagi panitia untuk menarik perhatian juri dan masyarakat di ajang itu," kata Deddy seperti diberitakan Antara.

"Padahal, misi kita tidak hanya untuk memboyong Oscars, melainkan juga meletakkan film Indonesia di dalam peta film dunia," lanjutnya.

Baca Juga: Film '12.12: The Day' Bakal Wakili Korea Selatan untuk Oscar 2025

Adapun film Women from Rote Island menjadi film ke-26 yang dikirim Indonesia untuk berlaga di kategori tersebut sejak pertama kali ikut pada 1987. Meski sudah 26 kali, Indonesia belum pernah sama sekali tembus daftar nominasi kategori yang dulu bernama Best Foreign Language Film tersebut.




Women from Rote IslandWomen from Rote Island Oscar 2025Best International Feature Film

Share to:



Modal Video 01