Biodata dan Profil Yusril Ihza Mahendra, Menteri Koordinator Bidang Hukum, HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan

Biodata dan Profil Yusril Ihza Mahendra, Menteri Koordinator Bidang Hukum, HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan

Biodata dan Profil Yusril Ihza Mahendra, Menteri Koordinator Bidang Hukum, HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan

Biodata dan Profil Yusril Ihza Mahendra (Foto: Instagram @yusrilihzamhd)


Berikut adalah biodata dan profil Yusril Ihza Mahendra, Menteri Koordinator Bidang Hukum, HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan.

Yusril Ihza Mahendra adalah sosok Menteri Koordinator Bidang Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Imigrasi dan Pemasyarakatan pada kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran.

Yusril menjadi menteri ketiga yang memegang jabatan ini sepanjang sejarah. Terakhir kali, Menteri Koordinator Bidang Hukum, HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan hadir pada tahun 1966 silam dengan Sartono sebagai menterinya.

Baca Juga: Biodata dan Profil Budi Gunawan, Menkopolkam Kabinet Merah Putih

Seperti apa sosok dari Yusril Ihza Mahendra? Yuk simak biodata dan profilnya di bawah ini.

1. Profil Yusril Ihza Mahendra

Yusril Ihza Mahendra lahir di Manggar, Belitung Timur, 5 Februari 1956. Umurnya saat ini adalah 68 tahun dan menganut agama Islam.

2. Karir Yusril Ihza Mahendra

Yusril Ihza Mahendra memulai kariernya sebagai pengajar di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, mengajar mata kuliah terkait hukum dan filsafat. Ia meniti karier akademik dari asisten dosen hingga dikukuhkan sebagai Guru Besar Hukum Tata Negara pada 1998.

Sejak muda, Yusril aktif di berbagai organisasi, termasuk KAPPI, HMI, Muhammadiyah, dan ICMI.

Pada 1996, Yusril bekerja di Sekretariat Negara, menyiapkan naskah pidato untuk Presiden Soeharto, BJ Habibie, dan Susilo Bambang Yudhoyono. Selama Reformasi 1998, ia turut menyarankan pengunduran diri Presiden Soeharto dan kemudian mendirikan Partai Bulan Bintang, menjadi ketua umum hingga 2005.

Yusril telah menjabat sebagai menteri dalam tiga kabinet pemerintahan dan menerima penghargaan Bintang Bhayangkara Utama serta Bintang Mahaputra Adipradana. Selain itu, ia mendirikan firma hukum Ihza & Ihza Law Firm bersama keluarganya.

3. Pendidikan

Yusril Ihza Mahendra meneruskan tradisi kecendikiawanan Melayu dari keluarganya yang mendalami filsafat, agama, hukum, seni dan kesusasteraan.

Setelah menamatkan SMA Perguruan Islam Belitung di tempat kelahirannya, Yusril melanjutkan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia Jurusan Hukum Tata Negara dan Fakultas Sastra (kini Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya) Universitas Indonesia Jurusan Filsafat. Ia mendalami filsafat hingga jenjang S3 di Program Pascasarjana Filsafat FIB UI.

Yusril juga pernah mengikuti program pascasarjana bidang filsafat pada Graduate School of Humanities and Social Sciences, University of the Punjab di Lahore, Pakistan dan memperoleh gelar Doctor of Philosophy dalam Ilmu Politik dari Universiti Sains Malaysia di Penang, Malaysia (1993).

Ia dikukuhkan menjadi Guru Besar (Profesor) Hukum Tata Negara Universitas Indonesia pada tahun 1998.

4. Menteri Koordinator Bidang Hukum, HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan

Yusril kembali dipercaya untuk mengisisi posisi menteri, yang kali ini ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Hukum, HAM, Imigrasi dan Pemasyarakatan di pemerintah Prabowo-Gibran.

Baca Juga: Biodata dan Profil Giring Ganesha, Musisi Jadi Wakil Menteri Kebudayaan

5. Biodata Yusril Ihza Mahendra

Nama lengkap:Yusril Ihza Mahendra
Kota asal:Manggar, Belitung Timur
Tanggal lahir: 5 Februari 1956
Umur:68 tahun
Agama:Islam
Istri:Rika Tolentino
Anak:6
Profesi:Menteri
Akun Instagram:

@yusrilihzamhd




Yusril Ihza MahendraBiodata Yusril Ihza MahendraProfil Yusril Ihza MahendraKarir Yusril Ihza Mahendra

Share to:



Modal Video 01