Sudah Ditemukan, Obat Virus Corona Ternyata Sering Digunakan di Indonesia

Sudah Ditemukan, Obat Virus Corona Ternyata Sering Digunakan di Indonesia

Foto

Foto: Pixabay


Wabah Virus Corona sudah hampir sebulan menghantui seluruh dunia. Virus yang berasal dari Wuhan, Cina ini sudah menyebabkan ribuan orang kehilangan nyawanya.

Para ilmuan dari Tingkok mengatakan bahwa mereka telah menemukan obatnya.

Hebatnya, obat yang mereka klaim tersebut ternyata sudah biasa digunakan di Indonesia! Obat itu adalah "chloroquine phosphate."

Di Indonesia, obat ini digunakan untuk vaksin malaria bagi orang-orang yang berpergian ke "kawasan malaria", sampai 4 minggu setelah pulang dari sana.

Malaria sndiri adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dari manusia dan hewan lain yang disebabkan oleh protozoa parasit (sekelompok mikroorganisme bersel tunggal) dalam tipe Plasmodium. Penyakit ini biasa ditemui di  Maluku, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi, Papua, Papua Barat, dan sebagian wilayah Sumatera serta Kalimantan.

Dilansir dari Xinhua, Wakil Kepala Pusat Nasional Pengembangan Bioteknologi di bawah Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Cina, Sun Yanrong mengatakan bahwa para ilmuwan "dengan suara bulat" menyarankan obat tersebut dapat dimasukkan dalam versi berikutnya dari pedoman pengobatan, dan diterapkan dalam uji coba klinis yang lebih luas sesegera mungkin.

Tak hanya itu, obat ini juga telah diuji coba secara klinis di lebih dari 10 rumah sakit di Beijing, Provinsi Guangdong Tiongkok Selatan, dan Provinsi Hunan di Tiongkok Tengah.

Hasil dari uji coba tersebut menunjukan tingkat kemajuan yang cukup baik dengan tanda seperti demam yang berkurang, peningkatan gambar pada CT paru-paru dan persentasi pasien yang menjadi negatif dalam tes asam nukleat virus.




Obat CoronaVaksin Coronachloroquine phosphate

Share to: