Amalan Utama di Bulan Rajab Menurut Ustadz Abdul Somad

Amalan Utama di Bulan Rajab Menurut Ustadz Abdul Somad

Foto

Foto: Istimewa


Hari ini adalah hari keempat memasuki bulan Rajab. Bulan Rajab adalah bulan yang haram (mulia) bagi umat Islam di samping bulan Ramadan.

Bulan Rajab dikategorikan sebagai bulan mulia selain bulan Dzul Qi'dah, Dzul Hijjah, dan Al Muharram. Di bulan ini pula, umat Islam dianjurkan untuk menunaikan berbagai amalan, Jumat, 28 Februari 2020.

Dari kanal YouTube Fodamara TV "Amalan bulan rajab - H. Ustadz Abdul Somad Lc,MA", Ustadz Abdul Somad menjawab salah satu pertanyaan dari jamaah tentang amalan-amalan di bulan Rajab. 

"Hadis tentang amalan bulan Rajab itu shahih, tapi tidak ada menyebutkan amalan khusus, pada bulan-bulan haram, berpuasalah Engkau, yang dimaksud bulan-bulan haram itu ada 4, (Dzul Qa'dah, Dzul Hijjah, Muharram, dan Rajab). Jadi kalau ada orang mengatakan mana hadis bulan Rajab, jawabannya tidak ada," kata Ustadz Abdul Somad.

Ustadz Abdul Somad menjelaskan bahwa bulan Rajab memang sebaiknya diisi dengan berpuasa, namun bagi yang tidak sanggup berpuasa maka bisa menggantinya dengan amalan lainnya.

"Yang ada di bulan-bulan haram berpuasalah, yang paling banyak puasa Nabi di bulan Sya'ban, amalan di bulan Rajab bisa dengan memperbanyak puasa, kalau puasa tak sanggup, perbanyak salat-salat sunnah, salat-salat sunnah tak sanggup maka perbanyak baca Quran, baca Quran tak sanggup, zikir, atau ibadah lainnya yakni perbanyak shodaqoh," kata Ustadz Abdul Somad.

"Intinya perlakuan kita terhadap Rajab itu beda dari bulan yang lain, haram artinya mulia, tanah haram tanah mulia, Masjidil haram masjid mulia," tutup Ustaz Abdul Somad.

Penulis: Anas Fadli




Bulan RajabUstadz Abdul SomadRajab\

Share to: