5 Keutamaan Puasa Dibulan Rajab

5 Keutamaan Puasa Dibulan Rajab

Foto

Foto : Istimewa


Tidak terasa kita semakin dekat dengan bulan yang di tunggu-tunggu oleh umat muslim di dunia, yaitu bulan suci Ramadhan.

Saat ini kita juga telah berada di salah satu bulan yang suci juga yaitu bulan Rajab, bulan Rajab adalah bulan ketujuh dalam kalender Islam.

Rasulullah SAW bersabda :  “Berpuasa pada hari pertama bulan Rajab pasang puasa dosa selama tiga tahun, berpuasa pada hari ke tiga memperbaiki dosa selama dua tahun, berpuasa pada hari ke hari setiap kunjungan selama terkadang. "(HR. Al Khilal dalam Fadhoil Syahrur Rojab).

Menjalankan puasa Rajab tentunya memiliki beberapa keutamaan. Berikut beberapa keutamaan berpuasa di bulan Rajab :

1.Berpuasa sehari di bulan Rajab akan mendapatkan surga tertinggi yaitu surga Firdaus

Riwayat Al-Thabarani dari Sa'id bin Rasyid:"Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya."

2.Berpuasa dua hari dalam bulan Rajab akan diampuni dosa selama dua tahun.

Rasulullah SAW bersabda : "Sesungguhnya di surga ada sungai yang disebut dengan nama Rajab, lebih putih dari susu dan lebih manis dari madu. Barang siapa berpuasa satu hari dari bulan Rajab maka Allah akan memberikannya minuman dari sungai tersebut."

3.Puasa sepertiga di bulan Rajab 

Maka Akan diampuni dosa selama transisi, dan apabila puasa seterusnya di bulan Rajab akan diampuni dosanya selama sehari.

4.Berpuasa di bulan Rajab hukumnya sunnah.

Puasa sunnah memang dianjurkan dilaksanakan untuk memperoleh kemuliaan Allah SWT. Jadi, puasa Rajab merupakan sunnah dan dapat dilakukan untuk memperoleh pahala.

5.Berpuasa di bulan Rajab sama dengan berpuasa di bulan yang mulia

Rasulullah SAW bersabda : "Rajab adalah bulan Allah, Syaban bulanku, sedangkan bulan Ramadhan adalah bulan umatku."




Puasa RajabBulan RajabRamadhan

Share to: