Jalani Social Distancing, Ini 5 Tips Kuliah Di Rumah Biar Tetap Efektif

Jalani Social Distancing, Ini 5 Tips Kuliah Di Rumah Biar Tetap Efektif

Jalani Social Distancing, Ini 5 Tips Kuliah Di Rumah Biar Tetap Efektif

Foto: Istimewa


Himbauan dari pemerintah untuk melakukan social distancing, membuat beberapa kegiatan yang kita lakukan harus dikerjakan di rumah, termasuk ngampus juga di rumah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19 dengan menjauhi para mahasiswa berada di keramaian atau ruang publik.

Selama masa social distancing seperti ini, seluruh kegiatan perkuliahan pun juga dilakukan di dalam rumah. Namun, mungkin banyak sekali di antara kamu yang masih suka bosen dan malas untuk mengerjakannya. Eits, jangan malas dulu ya. Berikut adalah tips biar kamu efektif selama melakukan kuliah dari rumah.

1. Disiplin waktu 

Meskipun kamu melakukan semua perkuliahanmu di rumah, bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan atau bahkan bersantai ria. Ingat! Disiplin waktu itu perlu. Kalau biasanya kamu bangun jam 5 pagi untuk memulai aktivitasmu. Saat social distancing, kamu juga harus lakukan hal yang sama. Lalu saat jam 7 pagi perkuliahanmu biasanya dimulai, ya kamu juga harus mulai kuliah atau belajar di rumah. Ketika tiba waktunya untuk beristirahat, baru deh kamu boleh menghentikan kegiatan belajarmu. Ini penting untuk merelaksasi pikiran dan membuat anak kembali focus.

2. Patuhi jadwal

Melakukan perkuliahaan di rumah bukan berarti kamu melupakan kewajibanmu menjadi mahasiswa. Kamu harus mengingat dan mencatat jadwal perkuliahan online yang sudah diberikan oleh dosenmu. Biasanya, setiap perkuliahan online selalu diberikan absensi agar dosen bisa mengecek kehadiranmu dalam perkuliahan online tersebut. So, jangan terlalu menyepelekan ya. Bisa-bisa kamu dapat teguran jika terlalu menyepelekannya, lho.

3. Ciptakan ruang belajar yang kondusif

Tentukan tempat belajar khusus di rumah dan pastikan agar kamu selalu belajar di tempat tersebut. Mungkin ada kalanya kamu merasa bosan dan ingin belajar di luar tempat belajarmu, di sofa, atau di kamar. Jangan dibiarkan ya, sebab konsentrasimu bisa terganggu dan cenderung tergoda untuk bermalas-malasan.

Pilih ruangan yang tenang untuk menghindari potensi gangguan agar kamu bisa tetap fokus. Selain itu, suasana tenang juga sangat penting untuk kelancaran proses belajar di rumah.

4. Simak dengan baik materi perkuliahan online yang disampaikan

Berada di rumah bukan berarti membuat kamu seenaknya sendiri dalam melakukan perkuliahan. Kamu harusnya lebih bersemangat dan selalu menyimak dengan baik semua materi perkulihan yang diberikan oleh dosen kamu. Tidak hanya itu, kamu juga harus melakukan konsentrasi tinggi agar materi perkuliahan onlinemu bisa berjalan efektif.

5. Diskusi online

Kalau kamu merasa kesulitan untuk mengerjakan tugasmu, atau kamu masih belum mengerti materi yang diberikan dosenmu, lakukanlah diskusi online. Kamu bisa manfaatkan teknologi atau aplikasi untuk diskusi online

Itulah 5 tips yang bisa kamu lakukan agar kuliahmu di rumah tetap efektif meskipun semuanya dilakukan di dalam rumah. Semangat terus!

Penulis: Nisa Puspita




Kuliah onlinetips agar tetap efektifvirus coronacovid-19

Share to: