Terpilih Jadi Wakil Gubernur DKI, Ini Sosok Lengkap Riza Patria

Terpilih Jadi Wakil Gubernur DKI, Ini Sosok Lengkap Riza Patria

Terpilih Jadi Wakil Gubernur DKI, Ini Sosok Lengkap Riza Patria

Ahmad Riza Patria. Foto: Ist


Ahmad Riza Patria dari Gerinda terpilih sebagai  Wakin Gubernur DKI Jakarta. Ia unggul dari politukus PKS Nurmansjah dalam pemilihan Wagub oleh DPRD DKI Jakarta.

Berdasarkan hasil perhitungan Ahmad Riza Patria memperoleh suara 81 suara, sementara Nurmansjah memperoleh 17 suara dan yang tidak sah sebanyak dua suara. 

Sebelumnya, Riza dan Nurmansjah merupakan cawagub baru yang diusulkan Gerindra dan PKS. Mereka menggantikan dua nama cawagub sebelumnya, yakni kader PKS Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

Lalu siapakah sosok Ahmad Riza Patria Wakil Gubernur DKI yang baru? 

1. Putra dari dari Amidhan Shaberah

Foto : Istimewa

Ahmad Riza Patria lahir pada 17 Desember  1969. Ia merupakan putra dai Amidhan Shaberah yang menjabat sebagai ketua MUI periode 1995 sampai 2015.

2. Merupakan lulusan sarjana teknil sipil

Foto : Istimewa

tahun 1997 Ahmad Riza Patria lulus sebagai sarjana teknik sipil di Institut  Sains dan Teknologi Nasional kemudian pada tahun 2008 ia menyelesaikan studi magister jurusan Administrasi Bisnis di ITB.

3. Menjabat sebagai anggota KPUD

Foto : Istimewa

Riza Diketahui pernah menjabat sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta pada tahun 2003 hingga 2008.

4. Jadi Wakil Ketua Fraksi Gerindra MPR RI

Foto : Istimewa

Pada tahun 2014 hingga 2019, Riza menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi Gerindra MPR RI. Pada periode yang sama, Riza juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI.

5. Ketua panitia kerja 

Foto : Istimewa

Tak berhenti sampai di situ, Riza juga pernah menjabat sebagai Ketua Panita Kerja (Panja) Pertanahan Indonesia DPR RI pada 2014 hingga 2018 dan Wakil Ketua Pansus Undang-Undang Pemilu DPR RI pada 2016 hingga 2017.

6. Ketum Yayasan Darul Muttaqien

Foto : Istimewa

Mengikuti jejak sang ayah yang berkarir di bidang agama, Riza juga menjabat sebagai Ketua Umum Yayasan Darul Muttaqien di Bogor, Jawa Barat sejak 2010 hingga kini.




Ahmad Riza PatriaWagub terpilihWagub DKI Jakarta

Share to: