Menuju Paskah 2020, Ini Arti dan Makna Kamis Putih bagi Umat Katolik

Menuju Paskah 2020, Ini Arti dan Makna Kamis Putih bagi Umat Katolik

Menuju Paskah 2020, Ini Arti dan Makna Kamis Putih bagi Umat Katolik

Perayaan Kamis Putih (Foto: Istimewa)


Paskah tahun 2020 jatuh pada Minggu 12 April 2020.

Merupakan perayaan yang penting bagi umat Kristen, Paskah adalah hari kebangkitan Yesus Kristus.

Paskah juga memperingati peristiwa yang paling sakral dalam hidup Yesus, seperti yang tercatat di dalam keempat Injil di Perjanjian Baru.

(Foto: vaticannews)

Perayaan ini juga dinamakan Minggu Paskah, Hari Kebangkitan, atau Minggu Kebangkitan. Pada hari Minggu, Yesus akan bangkit pada hari yang ke tiga setelah Jumat Agung.

Sebelum merayakan Paskah di hari Minggu, umat Khatolik memulainya dengan Rabu Abu, Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci. Hari ini, Kamis 9 April 2020 merupakan hari Kamis Putih.

Kamis Putih adalah hari Kamis sebelum Paskah, pada Hari Raya Pekan Suci ini umat Kristen mempunyai tradisi memperingati Perjamuan Malam terakhir yang dipimpin oleh Yesus. Hari ini adalah salah satu hari terpenting dalam kalender Gereja.

Ritual Perjamuan Malam setelah ini pada setiap misa atau kebaktian diperingati sebagai perayaan Ekaristi atau Perjamuan Kudus.

Pada misa malam ini, pastur juga mencuci kaki umat sebagai peringatan Yesus yang mencuci kaki para muridnya dalam perjamuan terakhir, pelayanan Yesus di dunia sebelum kematian-Nya.

Pembasuhan kaki ini juga dimaknai sebagai lambang kerendahan hati dan ajaran Yesus dalam melayani. Yesus mengajarkan bahwa seorang pemimpin bukanlah pihak yang dilayani, melainkan harus melayani. Yesus juga menggambarkan keinginan untuk menjadi hamba yang mau melayani orang hina sekalipun.

Ibadah Kamis Putih adalah pelayanan doa, menggambarkan peran Yesus yang telah datang ke dunia membawa terang. Terang Allah adalah terang dari penciptaan dan terang Kristus. Di dalam terang Kristus kita menemukan sebuah pesan, "Melayani"!

Tradisi pembasuhan kaki ini dilakukan oleh Gereja Katolik di seluruh dunia termaksud Gereja Katolik di Vatican, Roma yang dipimpin oleh Paus Fransiskus.




Kamis putihPaskah 2020Perayaan Kamis Putih

Share to: