Erick Thohir Buka-bukaan Soal Mafia Alat Kesehatan Gaes!

Erick Thohir Buka-bukaan Soal Mafia Alat Kesehatan Gaes!

Erick Thohir Buka-bukaan Soal Mafia Alat Kesehatan Gaes!

(Foto: Istimewa)


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa kebutuhan Indonesia akan bahan baku import menimbulkan banyaknya praktik-praktik kotor yang dilakukan oleh mafia.

"Kita yang harus peduli antara bangsa kita. Jangan semuanya ujung-ujungnya duit terus. Akhirnya kita terjebak short term policy (kebijakan jangka pendek). Didominasi oleh mafia-mafia, trader-trader itu. Kita harus lawan dan Pak Jokowi punya keberpihakan itu," kata Erick di Jakarta pada Kamis, 16 April 2020.

(Foto: Istimewa)

Menurutnya, mafia-mafia yang menahan bahan baku obat dan alat kesehatan saat ini menyebabkan para produsen terpaksa melakukan import.

"Janganlah negara kita yang besar ini selalu terjebak praktik-praktik yang kotor, sehingga alat kesehatan musti impor, bahan baku musti impor. Saya minta semua yang hadir di sini punya komitmen secara pribadi, kita harus bongkar hal-hal itu," ujarnya.

Erick berharap agar sejumlah perusahaan harus bersinergi untuk memproduksi alat kesehatan yang tengah dibutuhkan saat pandemi ini.

"Saya minta tolong, jadi ini bukan eranya kita menyalahkan, tapi kita gotong royong. Tidak mudah membangun industri nasional, tapi mustinya bisa. Kalau kita engga gotong royong, kita tidak bangun bangsa kita dengan diri sendiri, emang bangsa lain peduli? Kita yang harus peduli antara bangsa kita. Jangan semuanya ujung-ujungnya duit terus," tegas dia.

Dalam hal ini, Kementerian BUMN meminta tiga BUMN seperti PT LEN (Persero), PT Pindad (Persero), PTDI (Persero), memproduksi alat bantu pernapasan atau ventilator. Keberadaan ventilator sangat penting dalam penanganan corona.

Kementerian BUMN juga menunjuk PT Indofarma untuk menyerap dan mendistribusikan produksi ventilator dari ketiga BUMN yang bergerak di sektor industri pertahanan tersebut.




MAafial alkesErick ThohirAlat KesehatanMafiaErick Thohir bongkar mafia alkes

Share to: