Catat Nih! 9 Keutamaan Bulan Ramadan yang Perlu Kamu Tahu

Catat Nih! 9 Keutamaan Bulan Ramadan yang Perlu Kamu Tahu

Foto

pixabay


Tak hanya menahan lapar dari imsak sampai waktu magrib, nyatanya banyak sekali keutamaan dan kemuliaan bulan Ramadan. Maka dari itu Ramadan dikatakan adalah Bulan yang penuh berkah. 

Berikut 9 keutamaan bulan Ramadan, dari diturunkannya Al-Quran hingga malam lailatul Qadar. 

1. Bulan Diturunkannya Al-Qur'an 

Diturunkannya Al-Qur'an pada bulan Ramadan ini menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadan. 

Allah SWT berfirman yang memiliki arti, "Bulan Ramadan adalah bulan yang didalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil) (QS. Al-Baqarah : 185) 

2. Penuh Keberkahan 

Bulan penuh keberkahan, seperti yang yang dijelaskan pada dalil hadist Nabi Rasulullah SAW yang memiliki arti "Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian.. " (HR. Agmad, An-Nasal dan Al-Baihaqi) 

3. Penuh Ampunan

Hal ini menjadi keutamaan di bulan Ramadan. Bulan Ramadan adalah waktu yang baik untuk mengambil kesempatan untuk meminta ampun. 

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya "Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadan ke Ramadan menghapuskan dosa-dosa diantara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi, " (HR.Muslim) 

4 . Dibukakan nya Pintu Surga dan Neraka 

Keutamaan bulan Ramadan lainnya adalah bahwa pintu-pintu surga terbuka dan pintu-pintu Neraka tertutup serta setan-setan diikat. 

5. Dilipatgandakan Pahala 

Amalan-amalan pada bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya : "pahala umrah pada bulan Ramadan menyamai pahala ibadah haji," (HR. Bukhari dan Muslim) 

6. Adanya Malam Lailatul Qadar 

Di bulan Ramadan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu Lailatul Qadar (malam kemuliaan). Pada malam inilah yaitu 10 terakhir di bulan Ramadan adalah saat diturunkannya Alquran Karim. 

7. Bagian dari Rukun Islam

Allah SWT telah menjadikan puasa yang dilakukan pada bulan Ramadan sebagai rukun yang keempat dari rukun Islam.

Hal ini tertulis dalam ayat al-Quran surat Al-Baqarah ayat 185:

"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan   tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang bathil). Karena itu,  bbarangkali kamu tahusiapa di antara mereka yang menyaksikan (berada) di bulan itu, maka berpuasalah."

8. Doa di Bulan Ramadan Mustajab

Keutamaan bulan Ramadan selanjutnya adalah doa yang dipanjatkan pada saat bulan Ramadan lebih mustajabah. Hal ini sesuai hadis Rasulullah SAW yang artinya:

"Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari apai neraka pada setiap hari di bulan Ramadan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan." (HR. al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah. Al-Haitsami dalam Majma Az Zawaid mengatakan bahwa perawi hadis ini tsiqah (terpercaya).

9. Puasa di Bulan Ramadan Pahalanya Senilai Puasa 10 Bulan

Abu Ayub Al-Anshary meriwayatkan hadist Rasulullah SAW bersabda yang artinya: 

"Barangsiapa yang berpuasa (pada bulan Ramadan) kemudian diikuti puasa enam hari bulan Syawal, maka hal itu sama seperti puasa setahun, " (HR. Muslim)




amalanamalpuasabulanpuasabulansuciramadan

Share to: