Simak Yuk, Ini 10 Hadis Nabi Muhammad tentang Ramadan Biar Makin Semangat Ibadah

Simak Yuk, Ini 10 Hadis Nabi Muhammad tentang Ramadan Biar Makin Semangat Ibadah

Simak Yuk, Ini 10 Hadis Nabi Muhammad tentang Ramadan Biar Makin Semangat Ibadah

Hadis Nabi Muhammad tentang Ramadan (Foto: Instagram)


Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan. Banyak hadis Nabi Muhammad SAW yang berisi tentang berkah Ramadan. Dengan membacanya, kita menjadi semangat dalam menjalankan ibadah.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:

"Siapapun yang menjalankan puasa selama Ramadan karena keyakinan yang ikhlas dan berharap mendapatkan pahala dari Allah, maka semua dosanya di masa lalu akan diampuni," (HR Bukhari Muslim).

Berikut hadis-hadis tentang Ramadan dari Nabi Muhammad SAW yang bisa menambah semangat menjalankan ibadah puasa:

1. Dilipatgandakan Pahala

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:

"Ketika Ramadan datang, semua pintu surga dibuka, pintu neraka semua ditutup, dan setan dibelenggu di dalamnya," (HR Bukhari Muslim).

Kemudian diriwayatkan dari Umu Salamah, Rasulullah SAW bersabda:

"Ibadah umrah saat bulan Ramadan, pahalanya sama dengan ibadah haji bersamaku (Nabi Muhammad SAW)."

Lalu diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:

"Setiap tindakan yang dilakukan anak Adam akan dilipatgandakan, tindakan yang baik akan dilipatgadakan pahalanya hingga 700 kali. Allah SWT berfirman: Dengan syarat berpuasa yang dilakukan karena Aku (Allah) maka Aku akan memberinya pahala. Karena mereka meninggalkan keinginannya demi Aku." Ada dua kebahagiaan bagi orang berpuasa, pertama ketika dia berbuka, dan yang lain ketika dia bertemu Tuhannya, dan bau mulut orang berpuasa lebih baik di hadapan Allah daripada aroma minyak misk," (HR Bukhari).

2. Pengampunan Dosa

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:

"Salat lima waktu dan dari satu salat Jumat ke Jumat berikutnya, dan dari Ramadan ke Ramadan berikutnya adalah pengampunan dosa yang telah lalu dan menjauhkan dari dosa yang lebih besar," (HR Bukhari).

Kemudian diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:

"Siapapun yang salat malam (salat tarawih) pada Ramadan karena iman dan harapan mendapat pahala, maka dosa-dosa yang telah lampau akan diampuni," (HR Bukhari Muslim).

3. Dilindungi dari Api Neraka

Diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri ra, Rasulullah SAW bersabda:

"Siapapun yang berpuasa selama satu hari demi Allah, maka Allah akan menjauhkan wajahnya dari api neraka dengan jarak tempuh selama tujuh puluh tahun," (HR Bukhari Muslim).

Diriwayatkan dari Utsman Bin Abi Al-‘Aas, Rasulullah SAW bersabda:

"Puasa sebagai perlidungan diri dari api neraka," (HR Nasai).

4. Perilaku Dermawan

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah SAW bersabda:

"Nabi adalah yang paling dermawan dari semua orang dan dia biasanya menjadi lebih murah hati saat bulan Ramadan ketika Jibril menemuinya. Jibril menemuinya setiap malam selama bulan Ramadan untuk menyimak bacaan Alquran bersama Nabi. Sehingga Rasul Allah itu lebih murah hati daripada angin yang berhembus cepat," (HR Bukhari).

Diriwayatkan dari Aisyah ra, Rasulullah SAW bersabda:

"Nabi Muhammad SAW berusaha lebih banyak beribadah selama bulan Ramadan dibanding waktu yang lain. Dan dia mengabdikan dirinya kepada Allah lebih banyak ketika sepuluh malam terakhir pada bulan Ramadan dibandingkan pada saat awal bulan," (HR Muslim).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:

"Nabi Muhammad SAW melakukan itikaf di dalam masjid selama sepuluh hari pada bulan Ramadan, pada tahun ia meninggal ia beritikaf selama dua puluh hari," (HR Bukhari).




Ramadan 2020Hadis Nabi Muhammad tentang Ramadan

Share to: