8 Nasihat Bob Sadino Biar Bisnis Modal Kecil Untung Besar

8 Nasihat Bob Sadino Biar Bisnis Modal Kecil Untung Besar

8 Nasihat Bob Sadino Biar Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Bob Sadino (Foto: Instagram/faktaentrepreneur)


Melakukan bisnis dengan modal kecil namun ingin memiliki untung yang besar, nampaknya agak mustahil ya?

Namun, kamu harus tahu bahwa pebisnis Bob Sadino bisa mewujudkan hal tersebut.

Almarhum Bob Sadino memang selalu menjadi panutan dan sumber motivasi bagi siapa saja yang mengeluti dunia bisnis. 

Dilansir dari wawancaranya bersama Bintang, Yuk resapi nasihat-nasihat Bob Sadino berikut ini agar kamu dapat termotivasi untuk memulai bisnis dari sekarang!

1. Pilih bisnis yang kamu kuasai

Kamu harus menguasai bisnis yang akan kamu jalani. Dengan begitu, kamu akan menghemat waktu untuk mengeskplore pengetahuan yang tidak dari nol tersebut.

Ketika bidang usaha itu udah kamu pahami, artinya kamu gak bakal repot-repot lagi dalam melakukan riset. Kamu udah tahu produknya seperti apa, keunggulan dan kekurangannya gimana, dan siapa yang jadi pasarnya.

2. Beritahu bisnismu ke teman-teman

Berikutnya adalah beri tahu bisnimu ke teman-teman. Jangan malu, sekecil apapun beritahula mereka.

Karena orang terdekatmu bisa menjadi calon pelangan tetapmu atau bahkan mitra bisnismu! Kamu harus hapam pentingnya memperluas jaringan bisnis alias networking. Jika emang teman-temanmu bisa membantu mengembangkan usaha, tentu kamu yang untung bukan?

3. Jangan gunakan pihak ketiga untuk promosi

Jangan terjebak dengan menggunakan jasa pihak ketiga buat melancarkan strategi promosi!

Apa maksudnya? Kalau kamu menggunakan jasa agency atau konsultan otomatis akan mengeluarkan biaya jasa. Semurah-murahnya uang yang kamu keluarkan untuk membayar jasa, akan lebih murah jika kamu melakukannya sendiri bukan?

Itu dia sebabnya mengapa om Bob memberi nasihat biar kamu memperdalam ilmu komunikasi pemasaran. Kalau bisa melancarkan strategi komunikasi yang baik, maka kamu gak perlu keluar duit lagi buat sewa pihak ketiga.

4. Buat prioritas

Khusus bisnis yang bermodal uang, arus kas hukumnya wajib dijaga. Itu dia sebabnya kamu harus bikin prioritas terhadap proyek-proyek apa yang bakal kamu lakukan dalam waktu dekat dan berapa anggaran biayanya.

Kondisi keuangan bisa menjadi berantakan jika kamu tidak meiliki prioritas. karena gak pernah menganggarkan biaya, aktivitas promosi mungkin jadi gak terkontrol. Semua kegiatan disponsorin, buka booth di sana-sini, pokoknya atas nama “promosi” biar produkmu terkenal.

Lama-kelamaan, segala dana yang dialokasikan buat promosi gak pernah menghasilkan returns yang signifikan. Dan sebagai pemilik bisnis, kamu malah merugi.

5. Jangan terburu-buru meminjam uang ke bank

Kamu gak usah terburu-buru meminjam uang ke bank!

Bob Sadino menyarankan biar kamu mengajak saudara atau teman buat berinvestasi di bisnismu. Ketika bisnis itu udah menguntungkan, jangan lupa buat membaginya dengan mereka.

Dengan mekanisme ini, sama aja dengan memberikan mereka saham buat usahamu. Gak nutup kemungkinan, jika sewaktu-waktu bisnismu laris, maka mereka berani berinvestasi dengan dana yang lebih besar lagi.

6. Gunakan media sosial

Teknologi yang berkembang saat ini tentu saja harus kamu manfaatkan!

Walau almarhum om Bob adalah pebisnis sejak jaman dulu, namun dia setuju dengan pengunaan media sosial dalam menjalankan bisnis. Terbukti bahwa media sosial saat ini menjadi salah satu tempat berbisnis yang simpel.

Tapi dalam penggunaannya, medsos juga gak boleh asal-asalan ya. Gak bisa tuh kamu asal tag, asal add, atau asal invite atas dasar promosi. Ujung-ujungnya, akun bisnismumu malah diblokir nanti.

7. Modal pas-pasan + usaha keras = memuaskan

Pokoknya, sebagai pengusaha dengan bisnis modal kecil, kamu harus tanamkan prinsip modal pas-pasan + kerja keras = memuaskan.

Tandanya tidak ada cara lain untu mendapat keuntungan selain dengan bekerja keras! 

8. Jangan bosan

Nasihat ini sangat penting! Bisnis memang tak selalu berjalan mulus, namun kamu tidak boleh bosan apalagi menyerah.

Emang sih, ada kalanya kamu harus menjalankan bisnis baru yang emang sesuai dengan masanya. Tapi, itu semua dilakukan jika emang bisnis yang kamu jalani saat itu udah gak relevan.




Bob Sadinonasihat bob SadinoBob Sadino quotesBisnis ala Bob SadinoCara memulai bisnis

Share to: