7 Manfaat Tidur Siang saat Puasa Ramadan, Tambah Pahala Lho

7 Manfaat Tidur Siang saat Puasa Ramadan, Tambah Pahala Lho

Foto

Istimewa


Dengan berpuasa otomatis waktu jam tidur kita dari biasanya telah terpotong untuk bangun sahur, maka dari itu tak sedikit pun kita suka merasakan ngantuk di siang hari pada saat berpuasa. 

Tapi tau gak si kalian? jika tidur siang di bulan Ramadan banyak manfaat nya lho! Berikut 7 manfaat tidur siang pada saat jalankan puasa. 

1. Menghilangkan Rasa Lapar 

Sahur yang  membuat waktu tidur berkurang, yang tentunya bisa membuat perut jadi keroncongan, bahkan sebelum tengah hari.

Rasa lapar yang datang di siang hari adalah hal yang wajar. Ini terjadi akibat pergeseran ritme sirkadian yang membuat kamu lelah dan ingin makan. Tidur siang bisa menjadi cara untuk menahan lapar dan menekan keinginan untuk makan. Tidur terbukti membatasi grelin dan meningkatkan leptin, yaitu dua hormon metabolik yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan.

2. Memperbaiki Mood 

Biasanya Mood kamu akan rusak ketika puasa, hal itu wajar karena kamu akan merasakan kurang tidur selama bulan puasa membuat hormon neuroendokrin di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Alhasil kamu jadi lebih mudah lelah dan marah. Salah satu manfaat tidur siang saat puasa adalah untuk memperbaikin mood kamu. 

3. Mengurangi Stress Pada Pikiran

Tidur siang membantu tubuh untuk menurunkan kadar kortisol dan menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi stres sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung.

Menurut penelitian dari Allegheny College, AS, tidur siang singkat saat puasa dapat membantu tubuh mengatasi kondisi kecemasan dan stres.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Saat kamu mengantuk, otomatis akan ada peningkatan tekanan darah yang busa memperberat kerja jantung. Maka dari itu dianjurkan untuk tidur siang karena dengan tidur siang membuat kamu menyediakan waktu bagi jantung untuk beristirahat sejenak. 

5. Meningkatkan Konsentrasi 

Aktivitas saraf yang terjadi saat tidur memperkuat kemampuan daya ingat kamu dalam jangka panjang. Kamu juga akan lebih mudah untuk memahami dan mempelajari suatu hal sekaligus mengingatnya.

Jika saraf sudah tenang setelah tidur siang singkat, maka konsentrasi juga bisa bertambah. Kamu bisa kembali beraktivitas dengan tubuh yang lebih segar serta bisa lebih fokus.

6. Menambah Tenaga 

Saat tubuh merasa lelah, maka jangan ragu untuk tidur siang sejenak.

Dengan manfaat tidur siang saat puasa, kamu dapat menjaga tenaga yang tersisa di tubuh. Memang lebih baik tidur siang singkat saja bila mungkin atau ketimbang melakukan hal lainnya yang tidak berguna.

Sistem motorik yang kamu gunakan terus selama beraktivitas akan kelelahan sehingga bekerja lebih lambat dan tidak fokus. Tidur siang sebentar saja dapat mengurangi kelelahan motorik ini. 

7. Memperkuat Memori

Banyak literatur yang mengatakan bila istirahat tidur siang bisa membuat memori ingatan manusia lebih kuat. Durasi selama 20-30 menit sekali tidur siang bisa berdampak baik pada kemampuan kognitif dalam mengingat.




tidurtidursiangberpuasamanfaatmenambahkonstrasi

Share to: