Tips Bisnis Ala Nabi Muhammad, Uang Bukan Modal Utama Lho

Tips Bisnis Ala Nabi Muhammad, Uang Bukan Modal Utama Lho

Tips Bisnis Ala Nabi Muhammad, Uang Bukan Modal Utama Lho

ilustrasi (Foto: Pixabay)


Menjadi pembisnis yang sukses tentu saja menjadi harapan hampir setiap orang.

Ada banyak pengusaha dan pebisnis sukses yang memberikan kita banyak pelajaran untuk memulainya.

Namun tahukah kamu? Bahwa Rasulullah Muhammad SAW juga dikenal sebeagai seorang pebisnis yang sukses. Nabi Muhammad SAW berkecimpung dalam dunia bisnis sejak masih berusia 12 tahun!

(Foto: Pixabay)

Rasulullah mewarisi ilmu berdagang dari sang paman, Abu Thalib.

Tidak hanya itu, Rasulullah kerap dititipi barang dagangan oleh pengusaha wanita bernama Khadijah yang merupakan majikannya dan kelak menjadi istrinya. 

Selalu mendapatkan keuntungan dari dagangannya, keberhasialn Rasulullah ini tak lepas dari pribadinya mulia ketika berdagang. 

Ada delapan prinsip bisnis yang dijunjung tinggi, yaitu berpendirian teguh, memiliki semangat kerja yang tinggi, jujur, menjunjung tinggi amanah yang diberikan orang lain, menghadapi semua rintangan dalam perjalanan, menyamakan pelayanan kepada pembeli, percaya diri, serta bersikap ramah dan sopan.

ilustrasi (Foto: Pixabay)

Selain itu, Rasulullah juga pandai dalam memasarkan dagangannya. Dia berdagang dengan cara yang berbeda-beda, misalnya menjalin hubungan baik (silaturahmi) dengan pelanggan, serta ekspansi usaha ke wilayah lainnya.

Kemudian, cara Rasulullah berdagang juga diketahui jujur. Ia tidak pernah menipu dalam mendeskripsikan barang, tidak bersumpah berlebihan, jujur dalam timbangan dan takaran, serta tidak memonopoli komoditas.




Nabi Muhammad SAWTisp Bisnis Nabi Muhammad SAWPrinsip bisnis Nabi Muhammad SAWRasulullah Muhammad SAW

Share to: