Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Sahur Untuk Cegah Lapar Saat Puasa

Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Sahur Untuk Cegah Lapar Saat Puasa

Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Sahur Untuk Cegah Lapar Saat Puasa

Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Sahur (Foto: Instagram)


Agar saat menjalankan ibadah puasa menjadi lancar dan tubuh tetap berenergi, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi. Kadang tubuh menjadi lemas saat berpuasa karena makananan yang kita konsumsi kurang nutrisi sehingga menyebabkan kita mudah lapar.

Berikut ini daftar makanan yang dianjurkan dikonsumsi selama bulan puasa. Selain enak, makanan-makanan juga berigizi untuk dikonsumsi saat sahur dan bisa mencegah rasa lapar saat puasa.

1. Telur

Sahur dengan telur dianjurkan karena bisa menambah protein untuk tubuh. Mereka adalah salah satu makanan paling bergizi dan sangat tinggi protein.

Telur juga bisa diolah dengan beragam cara atau dikombinasikan dengan makanan lain. Sebagai contoh, Anda dapat menikmatinya dengan cara digoreng atau dicampur dengan keju dan roti.

2. Alpukat

Alpukat juga bisa menjadi makanan sahur yang sempurna. Pasalnya buah ini memiliki serat yang tinggi sehingga sangat sehat untuk pencernaan.

Alpukat sangat tinggi serat yang dapat berkontribusi besar dalam penurunan berat badan. Alpukat bisa membuat kamu kenyang lebih lama, sehingga energi dilepaskan perlahan sepanjang hari.

Mengapa tidak mencoba alpukat tumbuk pada roti gandum dengan sedikit jagung dan tomat? Atau coba hidangkan alpukat dengan roti panggang sahur.

3. Kue Muffin Bran

Bran atau kulit ari adalah bagian luar yang keras dari tanaman biji-bijan/grain seperti padi, gandum, jagung, oat, barley atau millet. Bran berkontribusi untuk diet yang sehat dan mengenyangkan, jadi bisa menghindari rasa lapar dengan cepat selama puasa Ramadan.

Muffin Bran sangat enak, karena bisa dibuat dalam jumlah banyak dan dimakan beberapa kali seminggu. Kombinasikan muffin dengan pisang agar rasanya lebih nikmat.

4. Kacang Fava

Kacang fava, adalah kacang kecil berwarna hijau, yang berwarna cokelat tua setelah dimasak. Kacang fava ini juga dapat menjadi makanan yang cocok untuk sahur lho.

Kacang polong memiliki protein tinggi dan serat serta sangat rendah lemak. Kacang Fava lezat ketika dibumbui dan dapat dinikmati dengan telur, keju atau roti.

5. Yoghurt

Greek yoghurt bisa dijadikan makanan sahur yang lho. Jenis Greek/Yunani mengandung tinggi probiotik dan memiliki protein lebih banyak dari yang biasa.

Cobalah mengonsumsi Yoghurt saat sahur. Greek yoghurt yang rendah karbohidrat bisa membantu menjaga rasa haus.




Konsumsi 5 Makanan Ini Saat SahurRamadan 2020

Share to: