Wow, Netizen Ini Curhat Puasa di Finlandia 22 Jam Gaes, Kamu Kuat?

Wow, Netizen Ini Curhat Puasa di Finlandia 22 Jam Gaes, Kamu Kuat?

Foto

Istimewa


Perbedaan waktu antar Negara juga dipengaruhi dengan lamanya waktu berpuasa, seperti contohnya di Finlandia sebagai salah satu negara yang punya waktu puasa terlama di dunia. Yakni mencapai 22 Jam waktu berpuasanya. 

Diketahui dari channel youtube 'Chimy in Finland' yang memabgikan kisahnya selama berpuasa di Finlandia, dirinya memberitahukan jika berpuasa di Finlandia terhitung sangat lama karena harus berpuasa sampai 22 jam hampir satu hari penuh. 

Chimy bercerita bahwa ini bukanlah kali pertamanya ia berpuasa di Finlandia, ditahun sebelumhya Chimy juga pernah menjalan ibadah puasa Ramadhan di Finlandia. 

Jika dilihat secara letak geografis, Finlandia memang termasuk negara yang punya waktu berpuasa paling lama di dunia. Rata-rata muslim di Finlandia harus menjalani puasa selama 20-22 jam. Tentu saja waktu ini sangat berbeda jauh dengan di Indonesia yang rata-rata menjalani puasa selama 13 jam.

Chimy tinggal di Kota Tampere menunjukan jadwal sahur, buka puasa dan jadwal sholat di negara yang ia tinggali. Di sini terlihat waktu sahur sekitar pukul 03:00 sementara waktu berbuka pukul 21:00 malam atau jam 9 malam. 

Jadwal berpuasa ini tidaklah permanen dan bisa berubah, semakin mendekatkan lebaran maka jangka waktu berpuasanya pun ikut berubah dan bisa menjadi lebih panjang. 

"Kalau dekat Lebaran, misalnya H-1 itu puasanya makin lama, bisa sampai 22 jam," jelas Chimy. 

Muslim yang bertempat tinggal di kota Rovaniemi biasa nya menjalankan puasa 22 jam, diketahui kota ini ada di bagian utara Finlandia. Bahkan ada yang lebiuh lama dalam jalankan puasanya yaitu terhitung bisa mencapai 23 jam yaitu bertepatan di kota Nuorgam. 

Puasa tahun ini Chimy mengatakan berlangsung saat musim semi. Meskipun berjalan lama tapi tidak terlalu terasa haus dan lapar. "Karena sekarang musim semi, jadi nggak terlalu panas. Jadi haus nggak berasa. Sekarang juga karena pandemi corona, aktivitas fisik juga tidak terlalu berat jadi nggak berasa lapar," jelas Chimy.

Kendati demikian, Chimy ternyata tidak mengikuti jadwal puasa Finlandia. Ia memilih mengikuti jadwal puasa negara muslim terdekat yakni Turki. Waktu puasa di Turki lebih singkat 1,5 jam dibanding Finlandia.

Untuk jadwal sholatnya sendiri disana terhitung sangat berdekatan dengan waktu sahur, karena waktu sholat akan jatuh di malam hari. 

"Karena Maghrib jam 21:00, kan pasti Isya jam 23:00an berdekatan. Nggak bisa tidur takut kebablasan. Belum lagi sholat tarawih. Habis itu juga dekat dengan waktu sahur jam 03:00an, jadi berasa marathon ibadahnya." 

Chimy mengaku dirinya sangat merindukan suara azan, karena untuk adzan Maghrib di Finlandia tak ada suara adzan. "Kalau temen-temen bikin meme kangen suara adzan. Aku juga,tapi di sini nggak ada adzan Maghrib. Jadi kalau dengar adzan paling dari aplikasi waktu sholat ya," ujar Chimy. 

Meskipun terasa berat lantaran ibadah di Finlandia seperti marathon, Chimy berusaha menikmati ibadah puasanya. Sebagai minoritas, ia juga terbiasa mengolah sendiri menu sahur dan berbuka dengan menu makanan khas Indonesia untuk mengobati rasa rindu dengan Tanah Air. 




waktupuasapuasaislamumatmuslimfinlandia22jampuasaterlama

Share to: