Asal-usul 'Kempot' di Nama Didi Kempot, Ternyata Begini Ceritanya

Asal-usul 'Kempot' di Nama Didi Kempot, Ternyata Begini Ceritanya

 Asal-usul 'Kempot' di Nama Didi Kempot, Ternyata Begini Ceritanya

Istimewa


Nama Didi Kempot nyatanya bukanlah nama asli dari seorang musisi Didi Kempot, Didi Kempot memiliki nama asli Didi Prasteyo. 

"Sebelum saya masuk ke dunia rekaman, saya sempat jadi penyanyi jalanan alias Kempot, Kelompok Penyanyi Trotoar," tutur Didi

Maestro campursari ini lahir dari keluarga seniman. Ayahnya adalah Ranto Edi Gudel pemain ketoprak di Jawa Tengah. Ibunya Umiyati Siti Nurjanah, penyanyi tradisional di Ngawi. Kakaknya adalah Mamiek Prakoso, pelawak yang tenar lewat grup Srimulat.

"Saya berseni mungkin karena hidup ke kehidupan seniman tradisional," ucap dia.

Didi sendiri meyakini jalan yang ia pilih itu bisa menghidupinya setelah berkaca dari apa yang dia rasakan sendiri. Bila kakanya berkecimoungan di jalur lawak dan Didi telah memilih mengikuti jejak sang ibu. 

Nyatanya, nama Kempot adalah nama yang tenad di negara Suriname dan Belanda, makanya Didi Kempot sendiri pernah beberapa kali memenangi anugerah musik nasional di Suriname. Dan melalui lagu 'Cidro' yang menjadi awal kepopulerannya di negara Amerika Selatan bekas jajahan Belanda itu. 

"Saya nyanyi ada satu lagu Jawa judulnya "Cidro", di Indonesia kurang terkenal, ternyata ada turis Suriname di Indonesia, domisili di Belanda, lagu itu lalu diputar di radio Amsterdam, lagunya digemari sekali," ujarnya.

Didi pun terhitung sudah belasan kali bolak-bolik ke Suriname untuk manggung. Komunitas Jawa di Suriname mencapai 15% dari total populasi. 

Dia bahkan tak menyangka mantan pengamen jalanan bisa diterima oleh pendengar di Eropa dan Amerika Selatan. Namun, yang lebih membanggakan bagi Didi adalah kini dia bisa menggelar konser akbar di kampung halamannya sendiri.




didikempotkempotbelandaamerikaselatancampursari

Share to: