Viral Berita Korea: Jenazah 3 WNI ABK Cina Dibuang ke Laut, Tinggal Tunggu Netizen Ngamuk

Viral Berita Korea: Jenazah 3 WNI ABK Cina Dibuang ke Laut, Tinggal Tunggu Netizen Ngamuk

Viral Berita Korea: Jenazah 3 WNI ABK Cina Dibuang ke Laut, Tinggal Tunggu Netizen Ngamuk

Jenazah 3 WNI ABK China Dibuang ke Laut (Foto: Instagram)


MBC News memberitakan kabar yang menghebohkan public yaitu adanya tiga orang asal Indonesia yang bekerja sebagai anak buah kapal Cina, yang meninggal dunia lalu jenazahnya dibuang ke laut, Selasa 5 Mei 2020.

Dari video tersebut, terlihat beberapa awak kapal berkerumun di depan kantong jenazah berwarna orange dan membuang kantong itu ke laut.

Yannie Kim, WNI yang sudah lama tinggal di Korea Selatan membantu menjelaskan kabar tersebut. Melalui video yang diunggah di akun Youtube-nya, ia mengatakan, "Terjemahannya dari berita itu kurang lebih seperti ini ya guys. Diberitakan 3 ABK berasal dari Indonesia meninggal di dalam lingkungan kerja yang sangat tidak layak yaitu di kapal laut Longxing milik Cina".

Yannie Kim juga menyebutkan bahwa ketiganya dibuang ke laut tanpa prosedur yang seharusnya. Ketiga ABK itu mengalami sakit yang serupa yaitu dada sakit dan sesak nafas, namun tidak diperbolehkan ke dokter.

Identitas ABK itu adalah Sefri (24 tahun) meninggal pada 21 Desember 2019 dan jenazahnya langsung dibuang ke laut. Kemudian Al-Fattah (19 tahun), dan Ari (24 tahun) meninggal pada 30 Maret 2020.

Namun hal ini diketahu melanggar perjanjian surat pekerja yang menyebutkan jika ABK meninggal di atas kapal saat berlayar maka jenazah akan dikremasi di tempat kapal bersandar, dengan catatan abunya akan dikembalikan ke negara asal.

Pemilik akun Youtube Korea Roemit, Jang Hansol juga mengunggah video penjelasan tentang berita tersebut. Menurut MBC informasi ketiga ABK itu didapat saat kapal Longxing sedang berlabuh di Busan, yaitu saat di mana ABK asal Indonesia lain berusaha meminta bantuan kepada pemerintah Korea.




viralJenazah 3 WNI ABK China Dibuang ke Laut

Share to: