Viral McD Sarinah, Kamu Tahu Enggak Siapa itu Sarinah? Ternyata Bersejarah Banget Lho

Viral McD Sarinah, Kamu Tahu Enggak Siapa itu Sarinah? Ternyata Bersejarah Banget Lho

Viral McD Sarinah, Kamu Tahu Enggak Siapa itu Sarinah? Ternyata Bersejarah Banget Lho

Kamu Tahu Enggak Siapa itu Sarinah? Ternyata Bersejarah Banget Lho (Foto: Istimewa)


Saat ini, kamu mungkin mengenal Sarinah sebagai pusat perbelanjaan di daerah Jakarta Pusat. Belum lagi, nama Sarinah kembali menjadi perbicangan karena bagunan yang akan diperbaharui itu membuat McD pertama harus tutup secara permanen.

Namun, kamu harus tahu bahwa nama  Sarinah  diambil dari seorang perempuan pengasuh Sukarno.

Mbok Sarinah panggilannya. Dia yang menemani Soekarno kecil, mulai dari memberi makan, menemani bermain, hingga menjaganya tidur.

Cerita Sukarno soal Sarinah tertuang dalam buku yang ditulis Sukarno pada 1963 bertajuk "Sarinah Kewajiban Wanita dalan Perdjoeangan Repoeblik Indonesia." 

Dalam buku biografinya yang ditulis oleh Cindy Adams, "Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat," Bung Karno juga beberapa kali menyanjung Sarinah layaknya wanita yang berkelas meskipun dia adalah seorang pengasuh.

"Dari Mbok Sarinah, saya mendapat pelajaran mencintai orang kecil. Ia orang kecil, tapi jiwanya selalu besar. Sarinah adalah satu nama biasa, tetapi Sarinah yang ini bukanlah wanita biasa. Dia orang yang paling besar pengaruhnya dalam hidupku," tulis Sukarno

Sambil Mbok Sarinah memasak setiap hari, Sukarno duduk disampingnya untuk mendengarkan nasehat.

Di gubuk kecil dekat rumah di Kelurahan Kepatihan, Tulungagung, Jawa Timur, Sarinah menanamkan ajaran cinta kasih kepada Sukarno sejak umurnya 4 tahun.

"Selagi dia  memasak di gubuk kecil dekat rumah, aku duduk di sampingnya dan dia memberi nasihat, Karno, di atas segalanya engkau harus mencintai ibumu. Tapi berikutnya engkau harus mencintai rakyat kecil. Engkau harus mencintai umat manusia," kata-kata itu yang selalu terngiang di pikiran Soekarno muda.

Disanalah tersirat makna bahwa pendidikan tidak harus selalu didapatkan di sekolah.

Sukarno diajarkan tentang cinta kasih kepada setiap orang. 

"Karno, pertama engkau harus mencintai ibumu. Kemudian, kamu harus mencintai rakyat jelata. Engkau harus mencintai manusia umumnya." 

Itulah mengapa berdiri gedung pusat perbelanjaan bernama Sarinah yang didedikasikan unutk pengasuhnya tersebut.

"Sarinah adalah satu nama biasa. Tetapi Sarinah yang ini bukanlah wanita biasa. Dia orang yang paling besar pengaruhnya dalam hidupku".

(Foto: Istimewa)

Pada jamnnya, gedung itu adalah yang yang paling megah di tengah-tengah Ibu Kota Jakarta. 

Tujuannya adalah  untuk memberdayakan pengrajin dan pengusaha kecil agar bisa bersaing dengan produk-produk raksasa dari luar negeri, yang juga dijual disana. 




SarinahPengasuh Soekarno KecilSejarah SarinahGedung Sarinah

Share to: