Ini 3 Amalan yang Bisa Kamu Kerjakan pada Malam Nuzulul Quran

Ini 3 Amalan yang Bisa Kamu Kerjakan pada Malam Nuzulul Quran

Ini 3 Amalan yang Bisa Kamu Kerjakan pada Malam Nuzulul Quran

Malam Nuzurul Quran


Apakah kalian tahu gaes Nuzulul Quran? Yaps Nuzulul Quran merupakan bulan turunnya Al Quran dan menjadi salah satu keistimewaan di bulan Ramadan lho.

Hal ini tertulis sebagaimana yang telah tertulis dalam suarat Al Baqarah ayat 185: 

"Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)."

Untuk mengisi malam Nuzulul Quran  kamu bisa mengisinya dengan amalan-amalan ibadah yang di anjurkan pada malam Nuzulul Quran gaes.

Berikut beberapa amalan yang bisa kamu lakukan di malam Nuzulul Quran nih:

1. Membaca Al Quran

Foto: Istimewa

Besarnya kemuliaan di bulan Ramadan sangat sayang untuk dilewatkan begitu  saja lho. Apalagi ini bulan suci Ramadan yang merupakan bulan turunnya Al Quran. Dengan berkurangnya aktivitas karena physical distancing, ada banyak waktu yang bisa digunakan untuk membaca Al Quran. Sebab, Rasulullah telah bersabda bahwa membaca Al Quran adalah sebaik-baiknya ibadah bagi umatnya (HR Baihaqi).

2. Zikir

Foto: Istimewa

Amalan yang dapat kamu lakukan di malam Nuzurul Quran ini yaitu dengan memperbanyak zikir ya gaes karena zikir merupakan salah satu amalan yang dianjurkan kepada umat Muslim, khususnya di bulan suci ini. Perintah Zikir ini terdapat dalam beberapa surat, di antaranya adalah Surat Al Araf ayat 205 yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut) nama Allah dengan zikir yang sebanyak-banyaknya." Selalai apa pun, zikir tetap harus dilakukan untuk mendekatkan kita kepada Allah. Zikir adalah amalan ibadah yang paling mudah dilakukan, kapan pun dan di mana pun. Jangan lupa untuk selalu berdzikir ya guys.

3. Melakukan Shalat malam

Foto: Istimewa

Shalat malam merupakan shalat sunnah yang dilakukan antara Isya dan Subuh, di antaranya adalah shalat tarawih, shalat witir, dan shalat tahajud. Bahkan, Rasulullah menyebut shalat malam merupakan shalat yang paling utama setelah shalat lima waktu (maktubah), seperti dalam sabdanya: "Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram. Sebaik-baik shalat setelah shalat fardlu adalah shalat malam." (HR Muslim).

Nah itu lah gaes beberapa amalan-amalan yang dapat kamu lakukan pada malam Nuzulul Quran.




Ramadan 2020Nuzulul Quran

Share to: