Be Careful Gaes! Ini 10 Kesalahan Sepele yang Sering Kamu Lakukan saat Buka Puasa

Be Careful Gaes! Ini 10 Kesalahan Sepele yang Sering Kamu Lakukan saat Buka Puasa

Be Careful Gaes! Ini 10 Kesalahan Sepele yang Sering Kamu Lakukan saat Buka Puasa

Istimewa


Jika puasa harus menahan makan dan minum selama kurang lebih 12 jam, terkadang kita tak sadar dan kalap pada saat berbuka puasa. 

Banyak makanan yang seharusnya kita hindarkan malah kita makan, yang akhirnya akan mengganggu kesehatanmu. 

Lantas apa saja ya yang gak boleh dikonsumsi pada saat berbuka puasa? yuk simak artikel berikut. 

1. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis 

Mengonsumsi gula pada saat berbuka dianjurkan karena ia dapat menggantikan energi tubuh yang hilang saat berpuasa. Yang tidak dianjurkan bahkan dilarang adalah mengonsumsinya secara berlebihan.

Maka dari itu dianjurkan untuk kamu yang berbuka puasa untuk tidak berlebihan mengkonsumi gula. 

2. Minum Teh 

Teh memiliki senyawa aktif berupa tanin dan polifenol yang dapat menganggu penyerapan zat besi dan protein dalam tubuh. 

Teh juga memberi efek diuretik. Efek tersebut dapat mengakibatkan tubuh sering buang air kecil. Buang air kecil saat puasa tentunya akan menimbulkan dehidrasi.

3. Terlalu Banyak Konsumsi Gorengan 

Minyak biasanya berasal dari tumbuhan dan berbentuk cair, sementara lemak berasal dari hewan dan berbentuk padat.

Kedua zat tersebut memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika dikonsumsi berlebihan, akan sangat berbahaya. Minyak dan lemak dapat memperberat kerja lambung, dan juga meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Kadar kolesterol tinggi dapat menimbulkan banyak gangguan kesehatan, seperti penumpukan plak pembuluh darah, kerusakan arteri, penyakit jantung, hingga stroke.

4. Terlalu Banyak Mengkonsumi Karbohidrat

Dengan terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat, akan menyebabkan tubuhmu hormon insulin keluar dalam jumlah banyak dimana dapat membentuk tumpukan lemak jahat.

Tumpukan lemak tersebut merupakan pemicu utama dari obesitas. Konsumsi karbohidrat berlebihan juga menimbulkan perasaan mudah lapar, rentan terkena diabetes mellitus tipe-2, hingga terjadinya mood yang mudah berubah.

5. Konsumi Makanan Pedas dan Asam 

Stop tergiur dengan makanan pedas dan asam saat waktu berbuka, jika kamu mengkonsumsi makanan tersebut pada saat perut kosong. Ketika diisi oleh kedua zat tersebut, lambung akan kaget dan mengeluarkan asam lambung dalam jumlah banyak. Dimana dapat mengakibatkan gangguan pencernaan berupa maag dan diare.

6. Makan dengan Terburu-buru 

 

KIta dianjurkan untuk menyegerakan berbuka. Namun hal tersebut bukan berarti kita dapat mekan secara terburu-buru. Selain mudah tersedak, makan secara terburu-buru pun akan mengakibatkan perut menjadi kembung dan cegukan.

Makan terburu-buru juga akan memperberat kerja organ pencernaan. Karena makanan yang dikunyah belum benar-benar halus dan lumat. Semakin halus kita mengunyah makanan, produksi air liur akan semakin meningkat. Hal tersebut memperlancar masuknya makanan lewat kerongkongan.

7. Langsung Mengkonsumi Makanan Berat

Selama berpuasa terhitung perut kosong selama 12 jam bahkan lebih, jika kamu langsung mengkonsumsi makanan berat makan akan menyebabkan dinding lambung akan mengalami luka. Hal tersebut dapat membuat rasa tidak nyaman di perut seperti kembung,mual, dan perih. 

8. Kalap dengan Makanan

Banyaknya hidangan makanan saat berbuka membuat kamu jadi laper mata dan kalap dengan makanan yang ada. 

Hal tersebut akan mengakibtakan organ pencernaan mu bekerja keras dan kewalahan mencerna banyak makanan sekaligus. 

9. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Kurma 

Meski kurma dianjurkan untuk berbuka puasa, namun jika kamu mengkonsumsinya terlalu banyak akan menambahkan kalori secara drastis dalam tubuh. 

Setiap 65 gram buah kurma yang setara dengan 5 butir kecil atau 3 butir besar kurma kering, akan mencukupi kebutuhan kalium yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Yaitu 400 milligram per hari.

10. Minum Air Dingin

Jika perut kosong dan kamu langsung mengkonsumsi air dingin, akan membuat perut mu kembung dan tidak nyaman. 

Daripada membahayakan, lebih baik konsumsi air putih hangat untuk mengawali buka puasa. Air hangat ini akan menjadi sinyal yang baik bagi lambung bahwa ia akan diisi setelah kosong seharian.




ramada2020buka puasakonsumsi buka puasasehat berpuasa

Share to: