Kenangan Puasa yang Cuma Dialami Generasi 90an, Kangen dan Bikin Terharu

Kenangan Puasa yang Cuma Dialami Generasi 90an, Kangen dan Bikin Terharu

Kenangan Puasa yang Cuma Dialami Generasi 90an, Kangen dan Bikin Terharu

Kenangan Puasa yang Cuma Dialami Generasi 90an (Foto: Instagram)


Bulan puasa adalah bulan penuh berkah. Umat muslim berlomba mencari pahala sebanyak-banyaknya dengan meningkatkan ibadahnya.

Ramadan selalu dinantikan umat muslim karena memiliki beragam kenangan yang selalu bikin kangen.

Nah, bagi generasi 90-an kemeriahan saat Ramadhan memunculkan kenangan tersendiri. Berikut ini kenangan yang cuma dialami generasi era 90-an:

1. Buku Ramadhan 

Buku Ramadhan ini diberikan oleh sekolah sebagai tugas saat bulan puasa. Isinya tentang laporan puasa, tadarus, shalat tarawih dan juga mencatat isi ceramah dan wajib ditandatangani oleh orang tua dan imam masjid. 

 2. Jalan-jalan Subuh

Momen ini tentunya dirasa begitu indah, karena biasanya jalan-jalan subuh dijadikan sebagai ajang pencarian jodoh, apalagi kalau jalan-jalan subuh dilakukan hari Minggu.

3. Ngabuburit

Ngabuburit di tahun 90-an biasanya dilakukan di Masjid, biasanya yang mereka lakukan menjelang Shalat Ashar itu tadarus Al Qur'an. Setelah Shalat Ashar baru main-main petak umpet, atau main bedug untuk persiapan takbiran. Nah kalau kamu dulu ngabuburitnya gimana?

4. Perang Sarung

 Perang saung ini merupakan momen yang sering dilakukan di zaman dulu, biasanya pada saat shala tarawih. Perang sarung biasanya akan berhenti jika sudah ada yang menangis.

5. Petasan 

 Meski kini petasan sudah dilarang dan menimbulkan banyak korban. Namun, momen bulan Ramadhan ini lepas tidak bisa lepas dari petasan. 

6. Pesantren Kilat 

Pesantren kilat merupakan kegiatan pendidikan agama yang diselenggarakan sekolah beberapa hari di bulan Ramadhan.

7. Tadarus Al Quran Setelah Tarawih

 

Tadarus Al Qur'an setelah tarawih biasanya dilakukan oleh para remaja dan orang tua. Biasanya membaca satu juz per malam, sehingga di malam terakhir menjelas lebaran dilakukan khataman.




Kenangan Puasa yang Cuma Dialami Generasi 90anRamadan 2020

Share to: