Engga Nyangka, Ternyata Nama Asli Khabib Nurmagomedov adalah 'Habib Nur Muhammad'

Engga Nyangka, Ternyata Nama Asli Khabib Nurmagomedov adalah 'Habib Nur Muhammad'

Foto
Khabib Nurmagomedov

Siapa sih yang nggak mengenal sosok Khabib Nurmagomedov? Yups ia merupakan atlet beladiri MMA, nggak hanya itu saja guys ia juga merupakan pemegang sabuk juara kelas ringan lhi di UFC.

Tapi apakah kalian tau gaes arti nama dari Khabib Nurmagomedov? Bagi kamu yang belum tahu kami akan sedikit menjelaskan arti dari nama atlet MMA itu.

Khabib maksudnya Habib yang artinya dalam bahasa Arab adalah cinta atau dicintai. Sedangkan, Nurmagomedov sebetulnya terdiri dari dua suku kata yakni ‘Nur’ (cahaya) dan ‘Muhammad’ (Nabi). 

Tapi, bagaimana bisa dari Habib jadi Khabib. Dari Nur Muhammad bisa berubah jadi Nur Magomedov. Ini nih gaes asal usulnya.

Ahli linguistik Keri Savoca mencoba untuk memberikan penjelasannya nih, ia menjelaskan bahwa Khabib Nurmagomedov tinggal di wilayah Dagestan di daerah barat Rusia.

Nggak hanya bahasa Rusia sebagai bahasa resminya, masyarakat di Dagestan berbahasa asli Avar lho. Apakah kamu tahu gaes bahwa Khabib Nurmagomedov bisa bicara 5 bahasa lho yakni Rusia, Avar, Inggris, Turki dan Arab. 

"Nama Khabib Nurmagomedov merupakan transliterasi dari ХIабиб НурмухӀамадов (bahasa Avar), itu (ХIабиб НурмухӀамадов) merupakan nama orang Dagestan yang memiliki akar bahasa Arab dan penuh makna." tulis Savoca.

Ia juga mengakui memang tidaklah mudah lho mentransliterasi nama dari bahasa Avar ke bahasa Rusia lalu ke bahasa Inggris.

"ХIабиб НурмухӀамадов (nama Khabib Nurmagomedov dalam bahasa Avar) dilafalkannya atau dibacanya Ha-beeb Nur-mu-ha-ma-dov," tulis Savoca.

nama keluarganya НурмухӀамадов terdiri dari dua bagian yakni: Нур (cahaya) dan МухӀамадов (Muhammad). Нур dilafalkannya Nur (cahaya), МухӀамадов dilafalkannya mu-ha-ma-dov (Muhammad).

Jadi gaes nama Muhammad di Rusia itu ditulisnya Magomet. Ketika bahasa asing diterjemahkan ke bahasa Rusia, maka bunyi huruf ‘H’ dituliskan dengan huruf ‘G’. Seperti Harvard ditulisnya jadi Garvard dalam bahasa Rusia lho.

Nah itu dia guys penjelasan, kenapa nama Khabib Nurmagomedov bisa menjadi Habib Nur Muhammad.




Khabib NurmagomedovAtlet MMAUFC

Share to: