Ini Cara Menghitung Prediksi Malam Lailatul Qadar Sejak Awal Puasa, Ada Tanda-tandanya Lho

Ini Cara Menghitung Prediksi Malam Lailatul Qadar Sejak Awal Puasa, Ada Tanda-tandanya Lho

Ini Cara Menghitung Prediksi Malam Lailatul Qadar  Sejak Awal Puasa, Ada Tanda-tandanya Lho

Malam Lailatul Qadar


Pasti kalian bertanya-tanya tentang kapan sih malam Lailatul Qadar di Ramadan tahun 2020 ini?

Seperti yang kalian ketahui ya gaes malam Lailatul Qadar merupakan salah satu malam yang mulia di bulan Ramadan dalam Al Qurar juga di sebut sebagai malam seribu bulan.

Malam ini biasanya dinanti oleh umat muslim pada 10 hari terakhir di bulan Ramadan.

Malam Lailatul Qadar datang pada malam ganjil di bulan Ramadan. Apakah kalian tahu gaes ada tanda-tanda khusus hadirnya malam seribu bulan itu dan tanda -tanda tersebut dapat di rasakan juga lho oleh manusia.

Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah IAIN Surakarta, Dr H Baidi MPd mengatakan, ayat yang menjelaskan Lailatul Qadar ada dalam surat Al Qadr.

Dr H Baidi mengatakan pada intinya ayat ini memberikan pemahaman bahwa Allah SWT memerintahkan kepada umat Muslim bahwa di dalam bulan Ramadan ada satu malam yang mulia yang disebut Lailatul Qadar.

Pihaknya pun mengatakan para ulama memberikan suatu pendapatnya jika awal Ramadan itu pada hari Ahad atau atau Rabu maka malam Laitul Qadar jatuh pada malam 29 Ramadan.

Jika awal Ramadan dimulai hari Senin maka lailatul qadar jatuh pada malam 21 Ramadan.

Jika awal Ramadan diawali hari Selasa atau Jumat maka lailatul qadar jatuh pada malam 27 Ramadan.

Jika awal Ramadan di hari Kamis lailatul qadar jatuh pada 25 Ramadan, jika hari Sabtu maka jatuh pada malam 23.

Tetapi dalam berbagai riwayat dijelaskan secara alamiah, bagaimana malam mulia tersebut terjadi dengan tanda kondisi alam.

"Jika malam lailatul qadar turun, di malam itu cuacanya sangat tenang udaranya segar, di pagi hari sinar matahari cukup cerah tidak panas," kata Dr H Baidi.

"Maka dari itu kita dianjurkan pada 10 hari terakhir Ramadan terutama di malam-malam ganjil kita disunahkan oleh Rasulullah SAW untuk menyongsong lailatul qadar, yaitu dengan memperbanyak ibadah, itikaf, memperbanyak berdzikir istighfar," ujarnya.




RamadanMalam Lailatul Qadar

Share to: