Penuh Keberkahan, Inilah Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Penuh Keberkahan, Inilah Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Foto

Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar (Foto: Instagram)


Malam Lailatul Qadar jatuh pada malam 10 Ramadhan. Umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan keberkahan malam lailatul qadar. Namun, apa sih tanda-tanda datangnya malam lailatul qadar?

Menurut Ustadz Abdul Somad, malam Lailatul Qadar pertama ditandai dengan langit cerah bagaikan bulan bersinar. Sebab semua malaikat turun, termasuk malaikat Jibril.

Malaikat berbentuk ruh dan cahaya. Sehingga kalau kita kumpulkan di ruangan ada cahaya terang benderang. Hal itu terjadi sampai terbit fajar.

Kedua, angin berhenti bertiup. Para ulama tafsir menyebutkan pada malam Lailatul Qadar bumi seakan-akan sesak oleh para malaikat. Sehingga suara bising jadi redup, angin-angin jadi berhenti.

Ustaz Adi Hidayat menyebutkan, tanda-tanda malam Lailatul Qadar berikutnya yakni suasana malam sejuk sehingga suasana alam jadi teduh dan nikmat. Peristiwa itu hanya akan terjadi hingga fajar tiba.

Tanda-tanda malam Lailatul Qadar berikutnya yakni matahari tidak memancarkan sinar terik. Dalam sebuah hadis HR Ahmad, Rasulullah bersabda: tanda-tanda Lailatul Qadar adalah seolah malam terasa begitu tenang, seolah nampak ada sebuah rembulan yang bersinar dengan lembut, tidak terasa panas, tidak pula dingin. Mentari di waktu pagi pun terasa begitu hangat dan tidak memancarkan sinar terik.

Dalam sebuah hadist HR Muslim nomor 762, tanda-tanda malam Lailatul Qadar disebutkan malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke-27 (dari bulan Ramadhan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari tersebut berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru."

Nah itu tadi tanda-tanda malam lailatul qadar. Semoga kita diizinkan untuk mendapatkan kemuliaan malam tesebut.




Malam Lailatul QadarTanda-tanda Malam Lailatul Qadar

Share to: