8 Alasan Kenapa Kamu Harus Makan Kurma, Buah Penuh Vitamin Khas Bulan Suci Ramadan

8 Alasan Kenapa Kamu Harus Makan Kurma, Buah Penuh Vitamin Khas Bulan Suci Ramadan

8 Alasan Kenapa Kamu Harus Makan Kurma, Buah Penuh Vitamin Khas Bulan Suci Ramadan

ilustrasi (Foto: Pixabay)


Kurma, simbol kelimpahan dan sumber yang kaya serat, kalium dan kalsium, telah menjadi makanan pokok yang selalu tersedia di meja di bulan Ramadhan.

Bahkan hal ini sudah ada sejak Nabi Muhammad menyarankan sesama Muslim untuk berbuka puasa dengan buah suci ini. 

Selain lezat, kurma benar-benar baik dikonsumsi terutama saat puasa. Pasalnya kurma miliki kandungan karbohidratnya yang tinggi dan banyak energi dalam volume sekecil itu.

Kaya manfaat, berikut 5 alasan mengapa kita harus makan kurma bukan hanya di bulan puasa namun juga secara teratur.

1. Membantu merasa kenyang

Kurma adalah buah-buahan yang kaya serat makanan larut, terutama pektin. 

Jadi, serat-serat ini lah yang menarik air dan meningkatkan fluiditas isi lambung. Oleh karena itu, kurma dapat memperpanjang waktu yang dihabiskannya di lambung dan memberikan perasaan kenyang. 

Dengan memasukkan makanan berserat tinggi, seperti kurma saat puasa atau diet secara keseluruhan, kamu akan memiliki kontrol lebih besar atas nafsu makan dan lebih kenyang lebih lama.

2. Menambah imunitas

Studi menunjukkan bahwa kurma dapat memiliki efek merangsang pada sistem kekebalan tubuh. Efek kurma ini dikaitkan dengan kandungan beta-glukannya, yang merupakan polisakarida, jenis karbohidrat yang lebih baik dan lebih kompleks. 

Selain itu, kurma juga mengandung senyawa fenolik dan karotenoid (keduanya yang memiliki sifat melawan kanker) serta vitamin, yang semuanya dianggap berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh berkat efek antimikroba dan sifat antioksidannya.

3. Meringankan sembelit

Makanan seperti kurma dengan serat makanan tinggi harus menjadi bagian penting dalam diet sehat. 

Agar semuanya berjalan lancar, ahli diet merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 20 hingga 30 gram serat sehari. Penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat meningkatkan volume tinja dan mempersingkat waktu transit usus, sehingga membantu mencegah sembelit yang menakutkan. 

Di bulan Ramadhan, kamu mungkin juga memanfaatkan kandungan serat kurma membantu melancarkan pencernaan.

4. Baik untuk jantung

Kurma dikenal sebagai sumber kalium yang sangat baik, mineral penting yang bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Kalium berguna untuk memastikan konduksi saraf, mengatur denyut nadi dan tekanan darah kita. 

Penelitian mengungkapkan bahwa diet kaya kalium membantu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke.

5. Kunci tulang yang kuat

Dalam hal kesehatan tulang, mineral pertama yang muncul di benak adalah kalsium. Penyerapan kalsium sama pentingnya dengan asupannya.

Kalsium dan fosfor adalah dua mineral yang bekerja bersama untuk melindungi kesehatan tulang dan penyerapannya meningkat ketika dikonsumsi bersamaan. 

Mengkonsumsi kurma, yang mengandung mineral seperti kalsium, magnesium dan seng serta fosfor, setiap hari membantu kita meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah kondisi seperti osteoporosis.




Manfaat kurmaBuah kurmaKandungan dalam Buah KurmaBuah Kurma untuk Diet

Share to: