Benarkah Akan Ada Asteroid Mendekati Bumi di 15 Ramadan? Berikut Penjelasannya

Benarkah Akan Ada Asteroid Mendekati Bumi di 15 Ramadan? Berikut Penjelasannya

Benarkah Akan Ada Asteroid Mendekati Bumi di 15 Ramadan? Berikut Penjelasannya

ilustrasi (Foto: Pixabay)


Baru -baru ini beredar adanya sebuah unggahan yang disebut berasal dari hadist viral di media sosial, terutama Whatsapp dan Facebook. 

Ungghan tersebut berkaitan dengan 15 Ramadan 2020 yang akan jatuh pada hari Jumat. Karena bermula awal Ramadan jatuh pada Jumat, 34 April 2020 maka 15 Ramadan juga akan jatuh pada hari Jumat, 8 Mei 2020.

Dalam unggahan tersebut dikatakan bahwa ada hadist yang mengatakan Dukhan atau dukhon, akan jatuh pada hari di 15 Ramadan yakni pada hari Jumat. 

Sementara itu, ada sekitar 7 asteroid akan dekati bumi pada bulan Mei 2020 ini. Lima di antaranya dikatakan akan mendekati bumi pada 7 Mei 2020.

Sementara itu, Satu asteroid menddekat pada 8 Mei 2020 dan satunya lagi akan bergerak mendekati bumi pada 9 Mei 2020.

Untungnya, Peneliti Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Abdul Rachman menjelaskan bahwa asteroid tersebut hanya mendekat dengan bumi. Mereka tidak akan menabrak bumi.

Asteroid bergerak mendekati Bumi karena mereka bergerak sesuai orbitnya dan tidak berarti akan menabrak Bumi.

"Sekali lagi, kita tidak perlu terlalu khawatir, apalagi dikaitkan dengan tanggal 15 Ramadhan, dari segi dalil agama tidak ada dan dari segi sains tidak ada (asteroid) yang mendekat. Tapi, kembalikan semuanya kepada Allah, karena kita bisa mati kapan saja," kata Abdul Rachman saat lewat siaran langsung dari Bern, Swiss pada Senin, 4 Mei 2020.

Perhimpunan Kebudayaan Islam Indonesia (Indonesische Islamicher Kultur Verein/IIKV) di Bern, Swiss juga membuat kajian khusus menyikapi kabar mengenai dukhan pada Ramadhan tahun ini setelah muncul pesan berantai dan pemberitaan mengenai asteroid yang mendekat ke Bumi pada 15 Ramadhan 1441 Hijriah.

Oleh karena itu, LAPAN menegaskan tidak ada asteroid yang akan menghantam bumi pada 2020. Asterois-asteroid itu hanya akan mengelilingi bumi.




Asteroid15 RamadanAteroid tabrak bumiLAPAN

Share to: