Wajib Tahu Gaes!  Ini 5 Makanan Khas Lebaran di Berbagai Daerah di Indonesia

Wajib Tahu Gaes!  Ini 5 Makanan Khas Lebaran di Berbagai Daerah di Indonesia

Wajib Tahu Gaes!  Ini 5 Makanan Khas Lebaran di Berbagai Daerah di Indonesia

Menu lebaran khas setiap daerah


Enggak hanya tradisi unik saja saat lebaran tiba ta gaes, tapi salah satu hal yang paling di tunggu saat lebaran yaitu mencicipi makanan khas lebarannya.

Hidangan khas Lebaran paling populer dan wajib ada setiap Hari Raya Idul Fitri adalah ketupat dan opor ayam ya gaes. Bisa dibilang, hampir semua orang menyajikan dua makanan itu di rumah masing-masing saat Idul Fitri nanti.

Tapi gaes nggak haya dua makanan itu saja lho, ada banyak sekali makanan khas lebaran yang di suguhkan saat Idul Fitri Tiba. Nah apa saja makanan tersebut yuk simak aja gaes disini.

1. Bebek Gulai Kurma (Aceh)

Foto: Istimewa

Jika kamu merayakan momen Lebaran di Kota Serambi Mekkah, Aceh, maka kamu bisa menemukan bebek gulai kurma yang selalu tersedia ketika Lebaran tiba. Kuliner khas Lebaran di Aceh ini berisi potongan daging bebek yang dimasak bersama rempah-rempah dan daun pandan, daun temurui, serai, serta kuah santan. Rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, biji pala, dan kapulaga di dalam hidangan bebek gulai kurma, menambah citarasa dan aroma yang kuat.

2. Rendang (Padang)

Foto: Istimewa

Hidangan Lebaran yang tak boleh dilewatkan adalah rendang. Umumnya, rendang dibuat dengan daging sapi, santan, dan rempah-rempah. Namun, rendang bisa juga dibuat dari daging ayam, paru, jamur, dan bebek. Proses memasak rendang memang memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak.

3. Gulai Nangka (Medan)

Foto: Istimewa

Bagi masyarakat daerah Medan, gulai nangka menjadi menu andalan saat Lebaran tiba. Gulai nangka dengan tambahan daging iga sapi ini biasa disantap bersama ketupat. Bumbu dan cara membuat gulai nangka sama seperti membuat gulai pada umumnya. Kamu perlu campurkan beberapa bumbu masakan, seperti ketumbar, cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, serta lengkuas.

4. Lemang (Jambi)

Foto: Istimewa

Makanan tradisional saat Hari Raya Idul Fitri yang kerap disajikan masyarakat di Jambi dan sekitarnya yaitu lemang. Lemang dibuat dari beras ketan yang digulung dengan selembar daun pisang, lalu dimasukkan ke dalam bambu panjang dan dibakar sampai matang. Sebenarnya, lemang bukan masakan tradisional khas Jambi. Hanya saja, panganan satu ini sudah sangat familiar bagi masyarakat di daerah Jambi.

5. Soto Banjar (Banjarmasin)

Foto: Istimewa

Sesuai namanya, soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam. Aroma rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih di dalam soto Banjar begitu terasa. Dalam pembuatannya, ada kalanya kuah soto Banjar dicampurkan dengan sedikit susu yang membuat warna kuah menjadi tidak bening, melainkan agak keruh. Soto Banjar bisa dibilang menjadi menu Lebaran paling dinantikan masyarakat Banjarmasin setiap tahun.

Nah itu dia gaes beberapa makanan tradisional yang wajib ada di berbagai daerah di Indonesia




LebaranMenu lebaranMakanan lebaran

Share to: