Dijamin Nggak Gampang Basi, Ini 3 Tips Menyimpan Ketupat Agar Tahan Lama

Dijamin Nggak Gampang Basi, Ini 3 Tips Menyimpan Ketupat Agar Tahan Lama

Foto

Cara menyimpan ketupat


Hari Raya Idul Fitri di Indonesia tentu saja identik dengan makannan khasnya yaitu ketupat ya gaes. Ketupat merupakan makanan yang wajib ada saat lebaran tiba.

Namun, gaes terkadang ketupat di rumah bisa gampang basi ya padahal baru saja di buat. Ternya gaes ada tiga cara lho untuk menyimpan ketupat biar nggak gampang basi.

Apasaja sih caranya? Berikut 3 cara menyimpan ketupat agar nggak gampang basi.

1. Gantung ketupat

Foto: Istimewa

Cara menyimpan ketupat terbaik adalah dengan menggantungnya. Dengan digantung, air pada ketupat akan turun. Soalnya air yang mengendap pada ketupat bisa membuatnya basah dan jadi cepat basi.

2. Simpan di chiller atau freezer

Foto: Istimewa

Kita bisa memasukkan ketupat ke dalam kulkas dan ditempatkan dalam chiller atau freezer. Dengan cara ini, ketupat bisa tahan hingga beberapa hari. Tapi pastikan ketupat tidak basah, ya.

3. Hangatkan seperlunya

Foto: Istimewa

Jika kita mau menikmati ketupat yang disimpan di dalam kulkas, kita bisa mengukusnya. Tapi setelah dikukus, pastikan kita tidak menyimpan ketupat lagi, ya! Soalnya ketupat yang sudah dikukus tidak akan bertahan lama. Untuk itu, jika kita menyimpan ketupat dalam jumlah banyak, pastikan kita hanya mengukus seperlunya saja ya gaes.

Nah itu dia gaes beberapa cara menyimpan ketupat agar nggak gampang basi.




Ramadan 2020LebaranKetupatIdul Fitri

Share to: