Usia Berapa Kalian Tahu Kalau Petani itu Singkatan dari "Penyanga Tatanan Negara Indonesia"? Ini Pencetusnya

Usia Berapa Kalian Tahu Kalau Petani itu Singkatan dari "Penyanga Tatanan Negara Indonesia"? Ini Pencetusnya

Usia Berapa Kalian Tahu Kalau Petani itu Singkatan dari

Foto: Istimewa


Indonesia tak hanya sebagai negara maritim saja namun Indonesia juga tersohor sebagai negara yang agraris, yaitu dengan suburnya lahan di Indonesia.

Hasil dari pertanian Indonesia pun menjadi lirikan sejak era Belanda sampai saat ini, nggak usah jauh-jauh gaes. Kita pastinya memiliki kakek-nenek yang berprofesi sebagai petani bukan?

Tapi apakah kalian tau gaes kepanjangan dari Petani? Yaps petani merupakan sebuah kepanjangan, Bung Karno sendiri yang menyebutkan sebagai Penjaga Tatanan Negara Indonesia.

Hal itu di sampaikan Bung Karno pada tahun 1952. Bung Karno melihat pentingnya petani sebagai penjaga ketahanan pangan. Swasembada pangan terus digaungkan untuk menjaga stabilitas nasional.

Tentu saja peran petani sangat penting di Indonesia tidak dilupakan sampai saat ini. Bahkan Presiden Joko Widodo juga hingga kini telah mengeksekusi berbagai program untuk mendukung petani di Indonesia.

Misalnya saja, upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung, hortikultura serta program Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB). Tak henti disitu saja gaes bahkan presiden juga telah meluncurkan program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera Berbasis Pertania lho.

Dalam program ini pun, pemerintah memberikan bantuan 50 ekor ayam per rumah tangga miskin dan bentuan tanaman sayur-sayuran yang di tanam di lahan pekarangan, serta beberapa jenis tanaman tahunan gaes.




PetaniSedikit info

Share to: