Viral di Medsos, Ini Sosok Bakul Gorengan Cantik Asal Jogja

Viral di Medsos, Ini Sosok Bakul Gorengan Cantik Asal Jogja

Foto

Riandika Yossy Kartika, Bakul gorengan asal Jogya yang viral (Foto: Instagram)


Masih ingat dengan penjual gorengan di Yogyakarta yang belum lama ini viral? Ternyata penjual gorengan cantik asal Sleman, DI Yogyakarta ini punya cerita inspiratif lho sebelum dirinya viral. Wanita yang memilih menjadi pengusaha tersebut ternyata sudah biasa berdagang sejak duduk di bangku SD sampai kuliah lho gaes.

"Ketika masih di SMK tiap berangkat ke sekolah saya membawa kresek berisi nasi kucing dengan beberapa gorengan buatan ibu. Makanan itu saya jual dan tiap hari habis," kata Riandika Yossy Kartika seperti yang tersebar di berbagai media.

Yossy, sapaan akrabnya, sejak kecil sudah dididik mandiri. Ketika duduk di bangku SD, dara manis ini sudah berjualan es batu.

"Karena saya anak pertama, dididik untuk mandiri. Waktu SD juga sudah membantu jualan orang tua es batu. Jadi saya mengantar es batu ke angkringan atau warung-warung makan pakai sepeda motor yang dilengkapi kronjot (keranjang untuk sepeda motor). Dari situ akhirnya saya tertarik untuk berjualan sendiri sampai sekarang," kata dia.

Kerennya lagi, Yossy memang tak mau menyusahkan orangtuanya. Yossy mengaku sungkan untuk meminta uang jajan pada orang tuanya. Bahkan ketika dia memiliki pacar, orang tuanya menegaskan tak akan memberi uang untuk alasan itu.

"Saya masih ingat orang tua bilang, bapak-ibu tidak akan memberi uang untuk alasan pacaran. Nah dari itu saya termotivasi untuk bisa menghasilkan uang sendiri. Lumayan saat berjualan nasi kucing di sekolah bisa mentraktir teman sampai pacar sendiri," kenang Yossy.

Saat duduk di bangku kuliah, wanita kelahiran 12 November 1993 itu kembali berjualan. Bukan lagi nasi kucing, tapi nasi goreng yang dia jual kepada rekan-rekan kuliahnya.

"Jadi awalnya membuat nasi goreng, lalu saya jual ke teman-teman. Karena dilihat dosen juga, banyak yang pesan ke saya. Lumayan juga untuk menambah uang jajan waktu itu," kelakarnya.

Wanita yang juga suka ditawari menjadi foto model ini memiliki prinsip untuk tidak malu memulai sebuah hal. Jika tidak dicoba hari ini sampai kapan harus menunggu.

"Tidak perlu malu untuk melakukan keinginan sendiri. Usaha saya memang belum besar, dengan memulai dahulu nantinya pasti ada jalan yang lebih baik," ungkap perempuan manis pecinta mie ayam ini.




Bakul Gorengan ViralViralBerita ViralKabar Viral

Share to: