5 Langkah Mudah Menanam Bunga Matahari, Lumayan Nih Buat Properti Photoshoot di Rumah

5 Langkah Mudah Menanam Bunga Matahari, Lumayan Nih Buat Properti Photoshoot di Rumah

5 Langkah Mudah Menanam Bunga Matahari, Lumayan Nih Buat Properti Photoshoot di Rumah

Langkah mudah menanam bibit matahari (Foto: dok. Istimewa)


Siapa sih yang nggak terpesona lihat indahnya bunga matahari bermekaran? Tanaman hias satu ini memang banyak disukai karena kelopaknya yang besar dan cantik menyerupai matahari. Tak hanya indah, bunga matahari ternyata juga punya segudang manfaat lo. Bunga yang mempunyai nama ilmiah Helianthus ini mudah ditanam karena gampang tumbuh dan tidak banyak membutuhkan perawatan. Cocok buat pemula yang baru ingin memulai hobi berkebun.

Tertarik untuk menanamnya? Yuk Ikuti langkah-langkah berikut!

1. Siapkan benih bunga matahari yang akan ditanam

Caranya, ambil biji dari bunga matahari yang telah layu dan mengering. Gampang kok, kamu cuma perlu merontokan bunga matahari yang sudah kering, lalu ambil benihnya. 

2. Siapkan media tanam berupa pot atau polybag

Langkah selanjutnya, isi dengan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 70% tanah dan 30% pupuk kandang.

3. Semai benih bunga matahari pada media tanam, jangan lupa siram air sedikit lalu letakkan pada tempat yang teduh agar cepat muncul tunasnya

Sebelum menyemai benih, terlebih dahulu basahi tanahnya dengan air. Selain disemai, kamu juga bisa menekan benih (bukan dikubur) ke media tanah dengan ujung lancip benih berada di bawah, ujung atas benih kelihatan sedikit.

4. Biji akan mulai berkecambah setelah 7 hari sejak disemai. Tunggulah kecambah tumbuh hingga 7-10 cm dalam 2 sampai 3 minggu. Jangan lupa pelihara dengan baik dan siram tiap hari

Jika sudah setinggi 5 cm, batang pohon masih rentan. Selalu tegakkan batang batang yang mulai bengkok dengan menancapkan tiang bersandar di sebelahnya. Kamu bisa gunakan gelas plastik yang dilubangi untuk menutupi tunas agar nggak rusak terkena hujan, habis dimakan serangga atau kekeringan karena lupa menyiram.

5. Siapkan lubang tanam sedalam 5 cm lalu pindahkan bibit bunga matahari ke dalam pot atau lahan akhir. Jangan lupa siram tiap hari, ya!

Nah, di langkah ini, kamu harus konsisten menyiramnya ya. Jangan sampe mati.

6.  Bersihkan gulma secara berkala dan lakukan pemupukan susulan pada 1 hingga 2 bulan umur tanaman. Butuh waktu sekitar 2 bulan bagi bunga matahari untuk mulai tumbuh kuncup, lalu tunggu hingga mekar

Jika tanaman sudah berusia 1-2 bulan dan mulai terbentuk tanaman remaja, kamu boleh lakukan pemupukan yang maksimal. Gunakan pupuk kandang, ya!

7. Tunggu bunga matahari mekar dalam 45-60 hari setelah ditanam atau 90-105 hari sejak disemai. Taraaa! Bunga matahari pun mekar dan siap dinikmati keindahannya

Sayangnya, bunga matahari termasuk jenis tanaman bunga semusim, sehingga setelah masa berbunga selesai, tanaman akan mati. Tapi jangan berkecil hati, bunga yang telah tua dan kering akan menghasilkan ratusan biji yang bisa disemai agar tumbuh tanaman baru. Jadi, kamu bisa menanam bunga matahari lagi dan lagi.

Kalau kamu punya pekarangan yang luas, kamu bisa menanam lebih banyak bunga matahari dan menyulapnya menjadi spot selfie. Tapi nggak masalah juga kalau menanam bunga matahari di halaman yang terbatas. Kamu masih bisa mengakalinya dengan menanamnya di pot.  Gimana? Tertarik untuk mencoba?




Bunga MatahariSunflowerTips & TrickSedikit Info

Share to: