Pendaftaran SIMAK UI 2020 Resmi Dibuka Gaes! Ujian Dilakukan Online, Cek Disini

Pendaftaran SIMAK UI 2020 Resmi Dibuka Gaes! Ujian Dilakukan Online, Cek Disini

Pendaftaran SIMAK UI 2020 Resmi Dibuka Gaes! Ujian Dilakukan Online, Cek Disini

Universitas indonesia (Foto: Instagram)


Buat kamu calon mahasiswa baru yang pengen banget masuk Universitas indonesia, mulai hari ini pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) 2020 resmi dibuka lho.

Di masa pandemi Covid-19 ini ujian SIMAK UI bakal dilakukan secara online. Jadwal pendaftaran SIMAK UI tahun 2020 dibuka pada 19 Juni hingga 19 Juli 2020 untuk semua program pendidikan. Untuk pendaftaran jenjang S1 kelas internasional dibuka mulai 12 Juni hingga 12 Juli 2020.

Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Profesor Rosari Saleh mengatakan pihaknya telah menyiapakan sebanyak 2.744 kursi untuk mahasiswa S1 reguler, 674 kursi untuk S1 paralel, 392 kursi untuk S1 kelas internasional, 410 untuk mahasiswa D3, dan 216 kursi untuk kelas ekstensi.

"Daya tampung yang tersedia pada SIMAK UI gelombang II tahun 2020 sebanyak 2.744 untuk S1 reguler, 674 untuk S1 paralel, 392 untuk kelas internasional, 410 untuk vokasi (D3), dan 216 untuk S1 ekstensi/paralel lulusan D3. Semua proses pendaftaran dan segala ketentuan dapat diakses melalui laman penerimaan.ui.ac.id nanti," kata Rosari dalam keterangan tertulis, Jumat 19 Juni 2020.

Rosari menyebutkan ujian bakal dilakukan secara online dengan sistem computer based test (CBT) yang bisa dilakukan oleh seluruh peserta.

"Ujian online akan menggunakan sistem computer based test (CBT), di mana setiap peserta dapat mengikuti tes dengan bantuan perangkat seperti HP, tablet, laptop, komputer, untuk mengakses laman tes SIMAK UI tersebut," ungkap Rosari.

Menurutnya, UI bakal mengantisipasi adanya  kecurangan dalam pelaksanaan ujian online SIMAK UI lewat sistem aplikasi yang ada dalam gadgetnya masiang-masing peserta.

"Sistem pengelolaan potensi kecurangan yang dikembangkan terus kami uji coba sehingga dapat menentukan spesifikasi minimum (minimum requirement) gawai yang dapat digunakan oleh peserta untuk mengerjakan soal ujian. Setelah uji coba rampung, kami akan langsung menginformasikan spesifikasi di dalam gawai apakah yang diharapkan untuk disiapkan oleh masyarakat," ujar Rosari.

Rosari mengatakan, UI juga membuka pendaftaran bagi siswa yang berada di luar negeri.

"Ujian SIMAK UI ini juga akan dibuka untuk peserta yang berada di luar negeri, dengan penyesuaian waktu. Pihak panitia SIMAK UI akan melakukan pendataan dan komunikasi lebih lanjut kepada peserta yang memiliki perbedaan waktu kurang-lebih dari 3 jam, sehingga dapat disediakan slot waktu bagi mereka," imbuhnya.




SIMAK UISIMAK UI 2020Universitas indonesia

Share to: