Sebelum Kemerdekaan, Pernah Ada Perlombaan Bahasa Jepang di Jakarta Tahun 1944 Lho

Sebelum Kemerdekaan, Pernah Ada Perlombaan Bahasa Jepang di Jakarta Tahun 1944 Lho

Foto

Perlombaan Bahasa Jepang di Jakarta Tahun 1944 (Foto: YouTube)


Tahukah kamu? Sebelum kemerdekaan RI pada 1945, ternyata pernah ada perlombahaan Bahasa Jepang lho di Jakarta. Gimana ya kisah selengkapnya?

BACA JUGA: Kisah Konflik Soekarno-Hatta Mengejar Kemerdekaan, Musuh Politik Dibalik Bubarnya Dwitunggal

Peperti yang kita ketahui, selain dijajah Belanda, Indonesia juga pernah dijajah oleh Jepang pada 1942-1945. Saat awal mula Jepang masuk ke Indonesia, Jepang mengklaim sebagai "saudara tua" Indonesia karena sama-sama dari Benua Asia. Nah dari situlah, kedatangan Jepang disambut gembira oleh warga Indonesia.

Saat itu, Jepang juga mengeluarkan propaganda yang dikenal dengan Propaganda Tiga A. Propaganda ini bertujuan menarik simpat warga Indonesia agar mau membantu Jepang. Propaganda Tiga A terdiri dari "Nippon Pemimpin Asia", "Nippon Pelindung Asia" dan "Nippon Cahaya Asia".

 BACA JUGA: Kisah Penerapan Pancasila di Awal Masa Kemerdekaan: Partai Komunis hingga Perang Ratu Adil

Gak cuma itu aja gaes, Jepang juga punya propaganda lainnya, yakni perlombaan bahaasa Nippon/Jepang. Perlombaan ini diikuti oleh para pelajar Indonesia dari berbagai daerah di Jawa.

Perlombaan bahasa Jepang ini pernah diselenggarakan di Jakarta pada 1944. Baru-baru ini, akun YouTube Maulana Bin Nawawi mengunggah rekaman perlombaan ini lho gaes. Rekaman ini diproduksi oleh Nippon Eigasha dengan judul Nampo Hodo No. 26.

Video tersebut memperlihatkan seorang anak yang merupakan juara 1, unjuk kebolehan dalam berbahasa Jepang. Bocah itu benar-benar lancar dalam berbahasa Jepang, dan mendapatkan tepuk tangan meriah dari hadirin.

Netizen pun ramai membicarakan sang bocah dalam kolom komentar video YouTube ini. Mereka mengatakan bahwa bocah ini terlihat gelisah dan cemas. Ada kemungkinan bocah ini berbahasa mengikuti lomba dan belajar bahasa Jepang dengan terpaksa.




Perlombaan bahasa Jepang 1944Propaganda Jepang tahun 1944Perlombaan Bahasa Jepang di JakartaLomba Bahasa Nippon 1944

Share to: