Viral Foto & Video Pendaki Gunung Lawu Berdesak Padat di Jalur Pendakian, Enggak Social Distancing?

Viral Foto & Video Pendaki Gunung Lawu Berdesak Padat di Jalur Pendakian, Enggak Social Distancing?

Viral Foto & Video Pendaki Gunung Lawu Berdesak Padat di Jalur Pendakian, Enggak Social Distancing?

Pendaki Gunung Lawu Berdesak Padat di Jalur Pendakian (Foto: Instagram)


Pada momen HUT RI ini, viral unggahan foto yang memperlihatkan ramainya jalur pendakian Cemoro Sewu di kawasan Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur. Foto tersebut diunggah di media sosial Instagram @pendakilawas. 

BACA JUGA: Jarang Tahu, 7 Artis Ini Keturunan Pahlawan Kemerdekaan Indonesia, Salah Satunya Dian Sastro

Mandor Wisata Cemoro Sewu, Perhutani BKPH Lawu Ds, Paijo, membenarkan foto yang beredar memang merupakan keramaian yang terjadi pada hari Minggu 16 Austus 2020, di jalur pendakian Cemoro Sewu. 

“Ya hari ini tadi pagi,” ujar Paijo.

Menurut Paijo, pendaki dalam gambar tersebut merupakan para pendaki yang datang sejak Jumat 15 Agustus 2020, akan tetapi karena kuota penuh akhirnya diberangkatkan Minggu pagi. 

“Tadi pagi, pendakian yang kemarin kita pending di Cemoro Sewu. Yang kemarin kuotanya 800, melebihi target. Baru tadi pagi jam 07.00 langsung naik,” jelasnya. 

setidaknya ada sekitar 200 orang pendaki yang gagal naik ke Gunung Lawu dan baru bisa naik pagi ini. Kuota pendakian Gunung Lawu dari jalur Cemoro Sewu per harinya memang dibatasi, hanya 800 orang.

Ia menyebut, untuk pendakian setiap harinya, juga akan dilihat lagi apakah pendakian melebihi kuota. Jika berlebih, menurutnya, para pendaki juga akan dilarang naik. 

BACA JUGA: Viral Video Kerumunan Pendaki 'Dugem' saat Kemping, Auto Dihujat Netizen

Lebih lanjut, Paijo menjelaskan terkait dengan pandemi Covid-19, ada sejumlah protokol kesehatan yang harus dipatuhi selama mendaki Gunung Lawu. Protokol tersebut di antaranya adalah wajib membawa masker lebih dari satu, hand sanitizer dan menjaga jarak, termasuk saat mendirikan tenda. 

Gak cuma itu aja, pendaki juga diimbau untuk membawa peralatan pendakian yang lengkap dan dilarang menggunakan celana jeans.




Viral Foto & Video Pendaki Gunung Lawu Berdesakpotret ramai Gunung LawuGunung Lawu di HUT RIPerayaan HUT RI di gunungKepadatan Gunung Lawu

Share to: