Informatika Jadi Mapel Wajib di Kurikulum Baru Kemendikbud Nih, Sudah Siap Gaes?

Informatika Jadi Mapel Wajib di Kurikulum Baru Kemendikbud Nih, Sudah Siap Gaes?

Foto

Informatika Jadi Mapel Wajib di Kurikulum Baru Kemendikbud (Foto: Kemendikbud)


Tahu gak sih gaes, informatika bakal jadi mapel wajib di kurikulum baru Kemendikbud lhoh. Apa ya alasannya? Simak lebih lanjut dalam artikel ini. 

Sebelumnya, ada isu beredar soal penghapusan mata pelajaran sejarah. Kali ini Kemendikbud dikabarkan bakal menambah informatika sebagai mapel wajib di kurikulum baru. Peserta didik yang duduk di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Akhir (SMA) bakal diwajibkan belajar mapel informatika. 

Keputusan ini terungkap dalam dokumen paparan sosialisasi penyederhanaan kurikulum dan asesmen punya Kemendikbud. Dalam dokumen itu juga ada sejumlah mata pelajaran kurikulum baru.

Mata Pelajaran di Jenjang SMA

Jadi gaes, di kelas 10 SMA bakal ada beberapa perubahan dan penyederhanaan mapel. Beberapa diantaranya adalah mapel wajib yang harus diikuti siswa, yaitu informatika dan program pengembangan karakter. Ada juga lho yang dihapuskan gaes, yaitu bahasa dan sastra mandarin. 

Penyederhanaan pelajaran juga terjadi di biologi, fisika, dan kimia. 3 pelajaran ini bakal digabungkan menjadi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Selain itu, mapel sejarah dan ekonomi bakal disederhanakan menjadi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sementara itu, pelajaran seni budaya, prakarya dan kewirausahaan bakal digabungkan jadi seni prakarya. 

Buat anak-anak kelas 11 dan 12 SMA dengan jurusan IPA, informatika bakal jadi mata pelajaran pilihan. Sedangkan, untuk siswa kelas 11 dan 12 SMA jurusan IPS, sejarah jadi mapel pilihannya. Arti pilihan di sini berarti para siswa bisa menentukan sendiri mau mengambil mapel tersebut atau enggak. 

Mata Pelajaran di Jenjang SMP 

Berbeda dari jenjang SMA, pada jenjang SMP pelajaran informatika serta seni dan prakarya bakal dijadikan pelajaran sendiri. Sebelumnya di kurikulum 2013, dua mapel ini tergabung dalam mapel prakarya dan informatika. 

Gak cuma itu aja gaes, proporsi pelajaran di jenjang SMP juga mengalami sedikit perubahan. Beberapa diantaranya berfokus pada kompetensi dan isi mata pelajarang. 

Mata Pelajaran di Jenjang SD

Sedangkan di jenjang sekolah dasar (SD) perubahan pelajaran berfokus pada proporsi jam belajar. Hal ini bertujuan untuk menguatkan fondasai kompetensi dan karakter siswa. 

Sudah Siap?

Kalau disetujui, kurikulum baru ini bakal diterapkan di tahun ajaran baru 2022. Penerapannya baru akan jalan secara terbatas dulu pada 2021.




Informatikamapel wajibKemendikbudKurikulum Baru

Share to: