10 Istilah yang Sering Muncul di MasterChef dan Viral Ditengah Netizen, Apa Aja Sih Artinya?

10 Istilah yang Sering Muncul di MasterChef dan Viral Ditengah Netizen, Apa Aja Sih Artinya?

10 Istilah yang Sering Muncul di MasterChef dan Viral Ditengah Netizen, Apa Aja Sih Artinya?

Istilah yang Sering Muncul di MasterChef yang Viral (Foto: instagram.com/arnoldpo)


MasterChef Indonesia menjadi salah satu tayangan yang paling di tunggu-tunggu oleh pemirsa Indonesia. Berikut sejumlah arti dari istilah per-Kitchen-an yang kerap muncul di MasterChef hingga viral di kalangan netizen.

Kamu pemirsa setia MasterChef mungkin gak asing lagi dengan beberapa hal yang akan KUYOU.id bahas di bawah ini. 

Meski begitu, mungkin ada beberapa istilah yang gak kamu pahami atau menuai kekeliruan. 

Bahasa dapur memang gak semua orang paham gaes, oleh karena itu yuk kita bahasa satu persatu.

1. Kondimen

Mungkin kamu pernah mendengar istilah ini beberapa kli. Kondimen adalah salah satu hal yang cukup penting dalam mengubah cita rasa makanan.

Baca Juga: Adik Chef Arnold, Reynold Poernomo Ternyata Ikutan Masterchef Australia Gaes!

Istilah ini memiliki arti pelengkap hidangan yang biasanya berjumlah sedikit namun bisa membuat masakan menjadi lebih sempurna.

2. Saute

Saute atau Sautéing  sama dengan menumis dalam bahasa Indonesia.

istilah ini berarti metode memasak yang menggunakan sedikit minyak atau lemak dalam wajan dangkal dengan api yang relatif tinggi. 

3. Dish

Banyak dan sering digunakan, Dish merupakan istilah yang mengaku pada persiapan makanan tertentu  atau variasi makanan yang berbeda yang siap dimakan, atau disajikan.

4. Blanch

Blansing adalah proses memasak di mana makanan, biasanya sayur atau buah, dimasak dalam air mendidih. Sayuran tersebut kemudian dikeluarkan setelah selang waktu singkat, dan akhirnya dimasukkan ke dalam air es atau ditempatkan di bawah air dingin yang mengalir untuk menghentikan proses memasak.

5. Pan Seared

Pan Seared atau Searing adalah teknik yang digunakan untuk memanggang, memanggang, merebus, memanggang, menumis. Di mana permukaan makanan (biasanya daging: daging sapi, unggas, babi, makanan laut) dimasak dengan suhu tinggi sampai bentuk kerak kecoklatan.

6. Compote

Dalam seni kuliner, kolak adalah resep yang terdiri dari beberapa jenis buah-buahan, segar atau kering, yang direbus dengan sirup gula dan penyedap rasa lainnya. 

Baca Juga: Fakta Menarik Isman Fajar, Peserta Masterchef 7 yang Sudah Gugur Gaes

Buah dalam kolak bisa utuh atau dihaluskan. Saat kolak dibuat dengan buah kering, biasanya buah direndam dalam air terlebih dahulu.

7. Custard

Custard merupakan olahan kuliner yang dibuat dengan cara mencampurkan telur dengan susu atau krim. Custard menebal dengan koagulasi protein telur, yang dicapai dengan memanaskan custard dengan lembut.

8. Mascarpone

Mascarpone adalah keju lembut Italia yang terbuat dari krim dan menyerupai keju krim. bahan ini digumpalkan dengan penambahan zat asam seperti jus lemon, cuka , atau asam sitrat.

9. Sesame Oil

Sesame Oil biasa juga disebut sebagai minyak wijen adalah minyak nabati yang dapat dimakan yang berasal dari biji wijen. 

Baca Juga: Fakta Menarik Hamdzah Timories Peserta Masterchef 7, Hypebeast Abis Orangnya

Selain digunakan sebagai minyak goreng, minyak ini juga digunakan sebagai penambah rasa di berbagai masakan, memiliki aroma dan rasa pedas yang khas. Minyak adalah salah satu minyak nabati yang paling awal dikenal.

10. Meringue

Meringue adalah taburan yang dibuat dengan putih telur dan gula, dikocok hingga cukup kaku untuk membentuk puncak dan dipanggang di atas pai dan kue. 

Setelah dipanggang, meringue yang sukses menjadi renyah dan berwarna kecoklatan di bagian luar, sementara di bagian dalam tetap ringan dan lembut.




MasterChef IndonesiaIstilah dapurArti dari istilah dapurIstilah di masterChef

Share to: