TikToker Ilmu Makanan Menguak Pewarna Alami Karmin, Ternyata dari Hewan Ini

TikToker Ilmu Makanan Menguak Pewarna Alami Karmin, Ternyata dari Hewan Ini

TikToker Ilmu Makanan Menguak Pewarna Alami Karmin, Ternyata dari Hewan Ini

TikToker Ilmu Makanan Menguak Pewarna Alami Karmin, Ternyata dari Hewan Ini (Foto: TikTok Ilmumakan)


Tahu gak sih gaes pewarna alami ternyata terbuat dari hewan lho. Penasaran hewan apa? Simak berikut ini gaes.

BACA JUGA: 6 Video TikTok Edukasi Pangan ala Ilmumakanan Ini Nambah Wawasan Gaes, Keju di Pasaran Sebenarnya Bukan Keju Asli

Sebuah akun TikTok bernama Ilmumakan belum lama ini mengungkap hal yang jarang diketahui orang, yaitu soal pewarna alami yang ada dalam minuman atau makanan bernama karmin. 

"Jangan jijik yaaa karna dibanding pewarna merah yang sintetis, karmin ini pewarna alami dan aman dikonsumsi," kata ilmu makan dalam keterangan videonya. 

Video TikTok penjelasan soal pewarna alami Karmin

Dalam video berdurasi singkat tersebut ia memperlihatkan beberapa produk yang mengandung bahan pewarna alami karmin. Beberapa diantaranya adalah minuman yang punya warna kemerahan, biasanya minuman ini punya rasa strawberry. 

Kebanyakan bahan pewarna alami karmin ini ditemui dalam susu atau yoghurt berwarna merah. Ilmu Makan mengungkap ternyata bahan pewarna alami Karmin terbuat dari hewan kutu daun yang ditumbuk halus gaes. 

"Iya ini kutu daun jenis cochineal yang dihancurkan," kata Ilmu Makan. 

Video itupun sudah ditonton oleh lebih dari 8,7 juta lho gaes. Ternyata banyak netizen juga baru tahu soal informasi yang dibagikan oleh Ilmu Makan. 

BACA JUGA: Ilmumakanan, Kreator Ini Kenalkan Teknologi Pangan Lewat Gaya TikTok, Bikin Cepat Paham Gaes

Video seputar makanan

Ilmu Makan banyak membagikan video informasi seputar makanan. Dari mulai kandungan zat yang ada dalam makanan hingga beragam bunga yang bisa dijadikan minuman. Akun TikTok Ilmu Makan ini dijamin informatif banget gaes. 




Menguak Pewarna Alami KarminKarminBahan pewarna alami karminkutu daun cochinealPewarna Karmin

Share to: