Komodo Itu Nama Pulau atau Hewan? Ini Jawaban Dari Amaro Juna Gaes

Komodo Itu Nama Pulau atau Hewan? Ini Jawaban Dari Amaro Juna Gaes

Komodo Itu Nama Pulau atau Hewan? Ini Jawaban Dari Amaro Juna Gaes

Foto Kolase Pulau Komodo dalam Video Amara Juna (Foto: TikTok @as_juna)


Pengen tahu gak sih gaes komodo itu sebenarnya nama pulau atau nama hewan? Yuk simak info selengkapnya berikut ini. 

Siapa sih yang gak kenal pulau dan hewan komodo. Selain pulaunya yang indah dan mempesona, pulau komodo merupakan habitat asli hewan komodo. Hewan Komodo sendiri perrhatian publik karena merupakan spesies langka di dunia. 

BACA JUGA: Milenial Wajib Tahu, 5 Trik Foto di Rumah dengan Hasil Aesthetic, Banyak Dipakai Selebgram Lho

Tapi, pasti ada yang penasaran nih sebenarnya komodo itu hewan atau pulau ya gaes?  Seorang TikToker bernama Amaro Juna mengungkapkan asal muasal Komodo, baik hewan maupun pulaunya.

Asal muasal

Perlu diketahui gaes, pada 1910 orang Belanda bernama Letnan Steyn Van Hens Broek menemukan pulau Komodo. Ia awalnya berusaha membuktikan laporan dari pasukan Belanda tentang adanya hewan besar menyerupai buaya, namun bukan buaya. 

Berawal dari situ, ia kemudian membunuh seekor komodo dan dibawa ke Museum and Botanical Garden di Bogor untuk diteliti. 

Nama Varanus Komodoensis pertama kali dikenal

Pada tahun 1912, Direktur Java Zoological Museum, Pieter A. Ouwens kemudian memberi menulis sebuah karya berisi informasi seputar Komodo dengan judul "On A Large Varanus Species Fron an Island of Komodo". Saat itu ia juga mengusulkan nama ilmiah spesies 'Varanus Komodoensis' atau yang kini kita kenal dengan komodo. 

Taman Nasional Komodo menjadi New 7 Wonders pada 2010

Pada 2010, Taman Nasional Pulau Komodo dinobatkan menjadi salah satu finalis sekaligus pemenang dari "New Seven Wonders of Natures". Kemudian pada 2011, Taman Nasional Pulau Komodo resmi menjadi New 7 Wonders of Natur bersama Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain. 

 

BACA JUGA: Milenial Wajib Tahu, Etika dan Cara Aman Cover Lagu di YouTube

Jadi, pada dasarnya 'Komodo' adalah sebuah nama pulau gaes. Barulah ada makhluk di mana habitat asalnya memang dari Pulau Komodo, jadi mahkluk itu dinamakan Varanus Komodoensis yang berarti biawak dari Pulau Komodo. Buat kamu yang mau tahu video TikTok Amara Juna seputar Pulau Komodo, tonton berikut ini gaes. 




KomodoPulau KomodoSejarah Pulau KomodoKomodo Hewan atau PulauAmaro JunaTikToker Amaro JunaInfo Pulau Komodo

Share to: