Biodata Tri Rismaharini, Lengkap Umur dan Agama, Menteri Sosial RI yang Baru Gaes

Biodata Tri Rismaharini, Lengkap Umur dan Agama, Menteri Sosial RI yang Baru Gaes

Biodata Tri Rismaharini, Lengkap Umur dan Agama, Menteri Sosial RI yang Baru Gaes

Foto Kolase Tri Rismaharini, Menteri Sosial RI Baru (Foto Instgaram @trirismaharini01)


Tri Rismaharini resmi diangkat menjadi Menteri Sosial RI yang baru oleh Presiden Joko Widodo. Seperti apa sosoknya? 

Berikut adalah biodata dan profil lengkap Tri Rismaharini.

BACA JUGA: Fakta Lengkap Kenapa Menteri Baru Jokowi Pakai Jaket Biru, Tri Rismaharini hingga Sandiaga Uno Gaes

Tri Rismaharini merupakan seorang politisi asal Kediri yang lahir pada 20 November 1961. Namanya dikenal publik setelah menjabat sebagai Walikota Surabaya pada 2010 lalu. Ia adalah perempuan pertama yang terpilih sebagai Wali Kota Surabaya sepanjang sejarah lho gaes. 

Karir Risma di dunia politik sudah tak perlu diragukan lagi. Pada Pilkada serentak 2015 lalu, ia kembali meraih kemenangan dan resmi dilantik menjadi Wali Kota Surabaya masa bakti 2016 - 2021. Selama menjabat sebagai Wali Kota pun Risma banyak meraih penghargaan baik Nasional maupun Internasional.  

Pada 22 Desember 2020, Presiden RI, Joko Widodo menunjuk Risma menjadi Menteri Sosial menggantikan Juliari Pieter Batubara yang tersandung kasus korupsi bansos COVID19. 

Masih penasaran dengan sosoknya? Ini dia biodata Tri Rismaharini, lengkap dengan umur dan agama. 

Awal Karir

Risma mengawali karirnya sebagai Pegawai Negeri Sipil sejak 1990an. Ia kemudian berhasil menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya dan Kepala Badan Perencanaan Kota Surabaya (Bappeko) pada 2010 silam.

Menjadi Wali Kota Surabaya

Pada 2010 lalu, Tri Rismaharini resmi terpilih menjadi Wali Kota Surabaya dengan perolehan suara 358.587. Kemenangan Risma pun terulang dalam pilkada serentak 2015 lalu. Pasanan Risma - Whisnu yang diusung oleh PDIP kembali menang dengan perolehan suara 893.087 atau 86,34 persen. 

Kerennya, Risma mencetak sejarah sebagai perempuan pertama yang dipilih langsung menjadi yang menjadi kepala daerah sepanjang sejarah demokrasi Indonesia di era reformasi lho gaes. 

Prestasi Tri Rismaharini

Gak main-main gaes, sederet prestasi berhasil diraih oleh Risma selama menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Ia juga membawa Surabaya meraih beragam penghargaan bergengsi di Asia maupun dunia. Beberapa diantaranya adalah meraih 8 piala adipura kencana berturut-turut, Surabaya menjadi kota dengan partisipasi rakyat terbaik se- Asia Pasifik, Future Government Awards 2013, dan masih banyak lagi. 

Risma sebagai Walikota pun meraih beberapa penghargaan kelas dunia. Diantaranya adalah menjadi Wali Kota terbaik ketiga di dunia versi World City Mayors Foundation, masuk dalam jajaran 50 tokoh berpengaruh di dunia versi majalah Fortune, meraih Bung Hatta Anti Corruption Award, dan masih banyak lagi.  

Ditunjuk menjadi Menteri Sosial 

Pada 22 Desember 2020 Risma resmi ditunjuk menjadi Menteri Sosial RI oleh Presiden Joko Widodo. Ia menggantikan Juliari Pieter Batubaa yang tersandung kasus korupsi Bansos COVID19. 

Biodata dan Profil 

Nama Lengkap: Tri Rismaharini

Tempat tanggal lahir: Kediri, 20 November 1961

Partai politik: PDIP

Pasangan: Djoko Saptoadji

Anak: Fuad Bernardi dan Tantri Gunarmi

Pekerjaan: Politikus

Jabatan: Menteri Sosial Indonesia ke 31

Nah itu dia gaes biodata Tri Rismaharini, Menteri Sosial RI yang baru ditunjuk oleh Presiden Jokowi. 




Tri RismahariniBiodata Tri Rismahariniprofil Tri Rismaharinisosok Tri RismahariniSosok Menteri Sosial RI BaruMentri Sosial RI yang barufakta lengkap Tri RismahariniPrestasi Tri Rismaharini

Share to: