Adrian Zakhary Yakin Indonesia Berjaya di Web3, MAJA Labs Kembangkan Proyek NFT Berdampak untuk Ekonomi

Adrian Zakhary Yakin Indonesia Berjaya di Web3, MAJA Labs Kembangkan Proyek NFT Berdampak untuk Ekonomi

Foto

Adrian Zakhary Yakin Indonesia Berjaya di Web3 (Foto: YouTube Inilahcom)


Founder MAJA Labs, Adrian Zakhary yakin bahwa suatu saat nanti Indonesia bisa berjaya di Web3.

Hal ini Adrian Zakhary ungkapkan ketika menghadiri interview di kanal YouTube "Inilahcom".

Dalam interview yang dipandu Fadly Zikry ini, Adrian Zakhary menjelaskan bahwa MAJA Labs kini sedang kembangkan proyek NFT yang bisa berdampak untuk ekonomi.

Baca Juga: Adrian Zakhary di Webinar ICCN: Smart Citizen Harus Dibangun

Adrian Zakhary Ungkap Peran NFT yang Multifungsi

Dalam interview ini, Adrian Zakhary menjelaskan fungsi Non-Fungible Token (NFT) sebagai sebuah aset digital yang tidak tergantikan.

"Fungsi dari NFT sebagai token yang non fungible itu semuanya adalah bentuk-bentuk digital. Artinya basic nya NFT adalah medium. (NFT) sebuah token yang unik, sebuah token yang non fungible, tidak tergantikan," ucap Adrian Zakhary.

Lebih lanjut, Adrian juga mengungkapkan peran NFT lainnya yang bisa digunakan untuk royalti bagi seniman. Dimana NFT bisa menjaga atau mengamankan aset yang dimiliki seniman itu sendiri.

"Disitulah ada fungsi royalti untuk untuk membantu seniman, ada fungsi security untuk mengamankan sebuah aset. kalau kita bicara implementasi terhadap sebuah acara NFT bisa menjadi tiketnya. NFT bisa memberi dampak untuk ekonomi, NFT bisa melindungi budaya yang ada," lanjutnya.

Tak hanya itu, Adrian juga membeberkan fungsi lainnya dari NFT yang bisa dijadikan untuk aset properti, musik bahkan film. NFT kini juga semakin berkembang dengan munculnya digital fashion NFT menggunakan dunia virtual atau metaverse.

"NFT bisa untuk properti, untuk musik juga bisa, untuk film juga bisa. Ketika kita memperlakukan NFT sebagai sebuah tools, sebagai sebuah medium maka apapun produknya bisa. Produk pakaian di-NFT-kan bisa. dan bahkan sekarang sudah ada digital fashion NFT, dimana itu akan digunakan di dunia virtual atau metaverse," ujar Adrian Zakhary.

MAJA Labs Kembangkan Proyek NFT yang Berdampak untuk Ekonomi

Adrian Zakhary yang juga merupakan founder MAJA Labs, mengatakan bahwa MAJA Labs kini menjadi salah satu komunitas NFT yang cukup diperhitungkan.

MAJA Labs kini telah melebarkan sayap ke luar negeri, dimana mereka berkolaborasi dengan beberapa project NFT diluar, salah satunya adalah menggelar beberapa kegiatan edukasi di Bali.

"Hari ini MAJA Labs menjadi salah satu bentuk yang diperhitungkan di Bali. Dimana awalnya kita membentuk suatu komunitas lokal yang cukup kuat, hari ini temen-temen yang berasal dari luar negeri pun sudah melakukan kolaborasi dengan kita. Kita berkolaborasi dalam beberapa project luar negeri, kita juga melakukan beberapa kegiatan edukasi dengan temen-temen internasional di Bali," ucap Adrian Zakhary.

Lebih lanjut, Adrian juga menjelaskan tujuan utama MAJA Labs adalah ingin memberikan dampak terhadap Indonesia. Yang mana MAJA Labs sedang mengembangkan project NFT yang bisa memberikan dampak terhadap ekonomi, sosial dan budaya.

"Dan yang paling penting kita ingin memberikan impact terhadap Indonesia. Project NFT yang kita lakukan adalah project yang punya dampak terhadap ekonomi, sosial dan budaya," lanjutnya.

Adrian pun menegaskan bahwa MAJA Labs kini sedang mendorong proyek NFT atau produk Web3 yang harus berimplikasi terhadap dunia, salah satunya ekonomi.

"Sebaik-baiknya Metaverse, Sandbox, Decentraland, kita masih ada dunia ini, kita masih butuh makan, kita masih butuh the real world-nya. Kita hari ini di MAJA Labs mendorong untuk proyek NFT atau produk-produk Web3 yang harus berimplikasi atau impact terhadap dunia, terhadap ekonomi misalkan," jelas Adrian.

Adrian Zakhary Yakin Indonesia Berjaya di Web3

Adrian Zakhary memaparkan bahwa di tahun 2030 mendatang, diprediksi ekonomi digital akan ada sekitar Rp 4500 triliun. Melihat potensi yang ada, Adrian yakin Indonesia bisa berjaya di Web3.

"Tahun 2030 diprediksi ada Rp 4500 triliun ekonomi digital kita, kebayang nggak sebanyak itu larinya kemana. Kalau saya bayangin ini sudah tahun 2022 berarti 8 tahun lagi. Kita juga pengen dong main di sana. Satu-satunya jalan adalah di Web3. Kita ingin Indonesia berjaya di dunia Web3 hari ini," papar Adrian.

Adrian menjelaskan ada harapan Indonesia bisa berjaya di Web 3.0 ini, dan MAJA Labs dibentuk untuk menjadi pembuat ekosistemnya. MAJA Labs melakukan beberapa cara untuk membangun ekosistem Web3 di Indonesia, seperti membentuk kreator, mengumpulkan para komunitas hingga para investor.

Baca Juga: Road to BALI DIGITAL FASHION WEEK 2022, MAJA Labs dan Artisant.io Hadirkan Lomba Digital Fashion Gaes!

"Ada harapan di Web3 untuk Indonesia, harapan itulah yang kita tuangkan di MAJA Labs untuk menjadi Ecosystem Builder. Bagaimana membangun sebuah ekosistem. Kita bentuk creator, kumpulin community, kumpulin bisnis, kumpulin developer, kumpulin investor, dan masih banyak lagi," jelas Adrian. 




Adrian ZakharyMAJA LabsWeb 3.0Web3NFTReal Impact Web3Dampak Nyata NFT

Share to: