Fakta Dibalik Ribka Tjiptaning Digeser PDIP ke VII Karena Tolak Vaksin, Dokter Tirta Bersaura Gaes

Fakta Dibalik Ribka Tjiptaning Digeser PDIP ke VII Karena Tolak Vaksin, Dokter Tirta Bersaura Gaes

Fakta Dibalik Ribka Tjiptaning Digeser PDIP ke VII Karena Tolak Vaksin, Dokter Tirta Bersaura Gaes

Foto Ribka Tjiptaning, Anggota DPR RI yang menolak vaksin (Foto: Berbagai sumber)


Masih ingat dengan Anggota DPR RI, Ribka Tjiptaning dengan tegas menolak vaksin? Kini dia digeser dari komisi IX ke komisi VII lho gaes.

Ribka Tjiptaning Proletariyati merupakan politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kelahiran Yogyakarta pada 1 Juli 1959 yang pernah viral beberapa waktu lalu karena menolak vaksin.

Gak hanya menolak, dia juga  mengungkap bahwa akan lebih baik membayar denda bagi penolak vaksin dibanding harus ikut divaksin. Dia beralasan bahwa mendengar PT Bio Farma belum melakukan uji klinis tahap ketiga. 

Perjalanan Politik Ribka

Ribka Tjiptaning menyelesaikan program pendidikan Kedokteran dari Universitas Kristen Indonesia. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di bidah Ahli Asuransi Kesehatan Universitas Indonesia pada 2012 lalu. 

Baca Juga: Biodata Ribka Tjiptaning, Lengkap Umur dan Agama, DPR RI Viral Tolak Vaksin

Perjalanan Politik Ribka dimulai saat dirinya lulus dari kuliahnya. Saat itu ia mulai aktif di organisasi sayap muda PDIP. Dia kerap bergabung dengan para aktivis muda yang sering menentang orde baru. 

Politikus 61 tahun ini kemudian terjun langsung di dunia politik dan masuk ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Ribka Tjiptaning Digeser PDIP ke VII Karena Tolak Vaksin?

Seperti yang sudha disebutkan sebelumnya, PDIP menggeser  Ribka Tjiptaning dari posisi sebelumnya yakni Komisi IX yang membidangi masalah kesehatan. Kini dia berada di Komisi VII yang membidangi masalah energi. 

Rotasi ini tercantum dalam urat Fraksi PDIP DPR bernomor 04/F-PDIP/DPR-RI/2022, yang berkaitan dengan penugasan Alat Kelengkapan Dewan dan ditujukan kepada pimpinan DPR RI.

Baca Juga: Biodata Dokter Abdul Muthalib, Lengkap Umur dan Agama, Viral Gemetar Suntik Vaksin Jokowi

Dilansir dari berbagai sumber, Ribka tercatat tak pernah meninggalkan Komisi IX selama emat periode lho gaes!

Benarkah karena pernyataannya soal penolakan vaksin yang bersebrangan dengan kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)?

Dr. Tirta Ikut Bersuara Gaes

Viralnya Ribka Tjiptaning saat menolak vaksin memang menyita perhatian netizen di sosial media mulai dari Twitter hingga TikTok.

Kini penggeseran politikus PDIP itu juga menyita perhatian banyak orang tak terkecuali tokoh publik, yakni dr. Tirta. 

Pemilik nama asli Tirta Mandira Hudhi ini menjelaskan bahwa statement Ribka Tjiptanin tentang menolak vaksin tidak masuk akal. Pasalnya, untuk usianya saat ini, Ribka Tjiptanin memang tidak termasuk kedalam inklusi vaksin sinovac.

Baca Juga: Momen-momen Dokter Tirta Disuntik Vaksin Sinovac, Sempat Keringetan Gaes!

"Jadi ga perlu nolak, emng ga masuk, dan semua statement beliau udah dibantah," tulis Tirta pada 18 Januari 2020 kemarin.




Ribka TjiptaningRibka Tjiptaning ProletariyatiKomisi IXPDIPAnggota DPR Tolak Vaksindr. tirtaRibka Tjiptaning Digeser VIIkomisi VII l

Share to: