Waspada! Ini 8 Tanda-tanda Penyakit Ginjal yang Harus Kamu Tahu Gaes

Waspada! Ini 8 Tanda-tanda Penyakit Ginjal yang Harus Kamu Tahu Gaes

Waspada! Ini 8 Tanda-tanda Penyakit Ginjal yang Harus Kamu Tahu Gaes

Beberapa gejala penyakit ginjal yang harus diketahui (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang belum tahu, ini adalah tanda-tanda penyakit ginjal yang harus kamu waspadai gaes.  

Penyakit ginjal merupakan istilah yang menggambarkan setiap gangguan yang terjadi pada ginjal gaes. Seperti yang diketahui, penyakit ginjal akan mengganggu fungsi organ ini untuk membersihkan dan menyaring limbah atau racun darah gaes.

Namun, banyak penderita penyakit ginjal yang terlambat mengetahui dirinya punya masalah kesehatan. Sebagian di antara mereka, baru akan menyadarinya saat penyakit ini sudah masuk tahap gagal ginjal.

BACA JUGA: 8 Tips Cara Sembuhkan Batuk Berdahak dengan Bahan Alami, Cek Disini Gaes!

Padahal, penyakit ginjal sebenarnya bisa dideteksi lewat pemeriksaan kesehatan rutin setiap tahunnya gaes. Pemeriksaan ini penting banget lho, terutama bagi orang berisiko mengidap penyakit ginjal gaes. 

Oleh karena itu, penting nih buat kamu untuk mengetahui ciri-ciri gagal ginjal serta pemahaman tentang gagal ginjal yang bisa menyerang siapapun dan kapanpun gaes. 

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum tanda-tanda penyakit ginjal yang harus kamu tahu gaes. Apa saja itu? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Sering Merasa Lelah

Ginjal adalah organ yang berguna untuk menyaring limbah atau racun dari darah gaes. Limbah ini kemudian dibuang dalam bentuk urine. 

Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, racun bisa menumpuk di dalam tubuh. Saat kinerja ginjal terganggu, fungsi ginjal yang bertugas menghasilkan hormon pemberi kode pada tubuh untuk memproduksi sel darah merah jadi terganggu gaes. Alhasil, tubuh pun akan sering merasa lelah gaes. 

2. Kaki Bengkak 

Ketika ginjal tidak bisa membuang kelebihan natrium dari dalam tubuh tubuh, cairan bisa menumpuk di berbagai bagian tubuh. Akibatnya, tangan, kaki, pergelangan kaki, atau wajah jadi membengkak lho. Pembengkakan biasanya terjadi di kaki dan pergelangan kaki gaes.

3. Bau Mulut Tak Sedap 

Saat ginjal tidak bisa menyaring limbah dengan baik, tubuh bisa mengalami uremia. Salah satu dampak penumpukan racun di aliran darah bisa sampai ke mulut gaes. 

BACA JUGA: Cara Bikin Lilin Darurat Pakai Pasir dan Minyak, Lengkap Video Tutorial dari TikTok Nih

Makanan atau asupan yang masuk ke mulut bisa terasa seperti logam atau tidak enak. Sehingga menyebabkan penderita penyakit ginjal pun jamak mengalami bau mulut yang tak sedap gaes.

4. Sering Buang Air Kecil

Peningkatan intensitas buang air kecil, terutama di malam hari, bisa jadi tanda-tanda penyakit ginjal lho. Pasalnya, ketika saringan ginjal rusak, keinginan untuk buang air kecil jadi meningkat gaes. Alhasil, kamu akan lebih sering buang air kecil setiap harinya.

5. Urine Berbusa 

Seperti yang diketahui, ginjal juga memproduksi urine. Makanya gagal ginjal sering mengakibatkan perubahan pada air seni gaes. Salah satunya adalah perubahan urine menjadi urine berbusa. 

Urine berbusa disebabkan karena terindikasi protein albumin. Protein albumin juga bisa mengakibatkan bengkak pada bagian mata gaes.

6. Mata Bengkak 

Bengkak di sekitar area mata dan wajah ini bisa disebabkan oleh kebocoran protein dalam urine yang seharusnya tersimpan di dalam tubuh gaes.

Dengan adanya protein dalam urine menjadi gejala awal filter ginjal rusak, akibatnya protein bisa bocor ke dalam urine lho gaes.

7. Kulit Kering dan Gatal 

Salah satu fungsi ginjal sehat adalah menjaga keseimbangan mineral di dalam darah gase. Akumulasi limbah akibat kinerja ginjal yang berkurang bisa terlihat dari tekstur dan warna kulit lho. Seperti kulit kering dan terasa gatal gaes.

Hal ini karena toksin atau racun tubuh tersimpan di dalam darah dan nggak dikeluarkan lewat urine. Selain itu, keseimbangan mineral dan nutrisi di dalam darah juga terganggu, sehingga bisa jadi salah satu ciri-ciri gagal ginjal kronis atau tahap akut gaes.

8. Kurang Konsenterasi 

Penurunan fungsi ginjal bisa mengakibatkan penimbunan toksin dan racun di dalam darah. Akibatnya penderita penyakit ginjal bisa merasa letih, lemah dan bahkan sulit berkonsentrasi lho. Salah satu komplikasi yang bisa muncul adalah anemia gaes.

BACA JUGA: Kumpulan Outfit yang Bakal Trend di Tahun 2021, Gen Z Wajib Tahu Nih

Kurangnya oksigen karena tubuh kekurangan sel darah merah pada penderita penyakit ginjal, juga bisa menyebabkan seseorang pusing dan susah konsentrasi gaes.

Nah, itu dia gaes 8 tanda-tanda penyakit ginjal yang harus kamu tahu dan waspadai. Jika kamu merasakan tanda-tanda yang sudah disebutkan sebelumnya disarankan untuk segera menghubungi atau langsung memerikasakan diri ke dokter ya gaes! (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tanda Penyakit GinjalGejala Penyakit GinjalCiri Penyakit GinjalFungsi GinjalGagal GinjalPenyakit Ginjal

Share to: