8 Tips Cara Sembuhkan Batuk Berdahak dengan Bahan Alami, Cek Disini Gaes!

8 Tips Cara Sembuhkan Batuk Berdahak dengan Bahan Alami, Cek Disini Gaes!

8 Tips Cara Sembuhkan Batuk Berdahak dengan Bahan Alami, Cek Disini Gaes!

Cara sembuhkan batuk berdahak dengan bahan alami (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang mau menyembuhkan batuk berdahak, ada beberapa tips cara mengobatinya dengan bahan alami nih gaes.

Batuk berdahak merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang bersarang ditenggorokan gaes. Penyakit ini datang saat tubuh menghasilkan lebih banyak dahak atau lendir dalam saluran pernapasan.

Batuk berdahak biasanya kan menyerang segala usia, termasuk anak-anak gaes. Seseorang yang mengalami penyakit ini biasanya akan meminum obat dari dokter atau klinik. Tapi selain itu, ada juga lho tips cara menyembuhkan batuk berdahak dengan bahan alami gaes. 

BACA JUGA: 8 Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Harus Kamu Tahu Gaes!

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum beberapa tips cara menyembuhkan batuk berdahak dengan bahan alami. Apa itu? Langsung saja yuk simak ulasannya berikut ini. 

1. Jeruk Nipis Dicapur Kecap 

Meminum air jeruk nipis bisa jadi cara alami menyembuhkan batuk berdahak gaes. Agar rasanya tidak terlalu asam, bisa mencampurkannya dengan kecap manis atau madu.

Campuran ini sudah dikenal sejak dulu dan diklaim banyak orang sebagai obat  paling ampuh menyembuhkan batuk berdahak gaes. Selain itu, jeruk nipis juga berkhasiat untuk mengatasi suara serak akibat batuk.

2. Menghirup Uap Air Panas

Tips yang kedua menyembuhkan batuk berdahak dengan cara alami adalah dengan uap air panas gaes. 

Cara yang satu ini bisa membuat tenggorokan dan hidung lembap. Sangat mudah untuk mencobanya, kamu cukup mengisi baskom dengan air panas, kemudian menunduk di atasnya sambil menutup kepala dengan handuk. Dengan cara ini akan membuat kamu merasa lebih lega dan rileks gaes. 

3. Kumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam juga menjadi salah satu cara alami meredakan  batuk berdahak lho gaes. 

Air garam dipercaya bisa membuat reda tenggorokan yang sakit akibat iritasi dari batuk berdahak.

Gak cuma itu aja gaes, air garam juga membantu untuk mengeluarkan lendir atau dahak di belakang tenggorokan lho. Caranya gampang banget, kamu hanya perlu berkumur dengan air garam dimalam hari sebelum tidur ya gaes.

4. Rajin Minum Air Putih Hangat

Obat alami lainnya untuk menyembuhkan batuk berdahak adalah dengan rajin minum air ptih hangat gaes. Cara ini paling mudah dilakukan, karena nggak perlu lagi menambahkan campuran bahan alami lainnya.

Saat kamu rajin mengonsumsi air putih hangat, dahak yang menempel di belakang tenggorokan bisa menjadi lebih encer sehingga mudah dikeluarkan gaes.

BACA JUGA: Tips dan Trik Menurunkan Demam Secara Alami Tanpa Obat, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

5. Mengkonsumsi Bawang Putih 

Bawang putih yang terkenal di dunia bumbu dapur ini ternyata bisa digunakan sebagai cara menyembuhkan batuk berdahak lho gaes.

Kandungan anti virus dan antibiotik dalam bawang putih mentah dipercaya bisa membantu mengencerkan dahak. Caranya, kamu bisa mengonsumi beberapa siung bawang putih mentah gaes.

6. Menggunakan Cengkeh 

Obat alami untuk batuk berdahak lainnya juga bisa menggunakan cengkeh nih gaes. Cengkeh memiliki kandungan anti bakter yang cocok melawan infeksi saluran pernapasan atas.

Caranya gampang banget, kamu hanya perlu mencampurkan cengkeh ke dalam air mendidih. Lalu, biarkan selama 10 menit. Setelah itu, saring air cekeh dan minum selagi agak panas gaes.

7. Makan Buah Nanas 

Kamu bisa mengonsumsi buah nanas sebagai cara menyembuhkan batuk berdahak secara alami. Hal ini dikarenakan nanas mengandung bromelain yang dipercaya bisa mengobati batuk.

Bromelain adalah sebuah enzim yang hanya ada dalam buah nanas dan berfungsi meredakan batuk serta mengecerkan dahak di tenggorokan. 

Jadi, disarankan buat kamu yang mau mengobati batuk bisa dengan mengkonsumsi buah nanas ya gaes.

8. Minum Jus Jeruk

Selain kaya akan vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, jus jeruk juga bisa mengatasi infeksi virus penyebab batuk berdahak lho gaes. 

BACA JUGA: Tips Cara Obati Sakit Gigi dengan Bahan Alami, Kamu Harus Tahu Gaes!

Caranya, kamu bisa meminum jus jeruk atau memakan buah jeruk dua kali sehari sampai gejala batuk dirasa membaik.

Nah, itu dia 8 tips cara menyembuhkan batuk berdahak dengan bahan alami gaes. Selamat mencoba~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Alami Sembuhkan Batuk BerdahakCara Alami Sembuhkan Batuk BerdahakBahan Alami Obati BatukCara Alami Obati BatukPenyebab Batuk BerdahakGejala Batuk Berdahak

Share to: