Selain Nasi, 8 Bahan Makanan Ini Bisa Dijadikan Sumber Karbohidrat untuk Diet Gaes

Selain Nasi, 8 Bahan Makanan Ini Bisa Dijadikan Sumber Karbohidrat untuk Diet Gaes

Selain Nasi, 8 Bahan Makanan Ini Bisa Dijadikan Sumber Karbohidrat untuk Diet Gaes

Beberapa bahan makanan ini bisa dijadikan sumber karbohidrat diet (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang mau diet ada beberapa bahan makanan yang bisa dijadikan sumber karbohidarat selain nasi nih gaes. 

Diet bukan semata-mata cara untuk menurunkan berat badan dengan cara memangkas porsi makan secara besar-besaran aja gaes. Tapi diet adalah mengendalikan takaran makanan sesuai dengan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh per harinya gaes.

Cara termudah untuk mengendalikan kalori yang masuk ke tubuh bisa dengan mengganti asupan karbohidrat yang dikonsumsi. Terutama buat kamu yang nggak bisa jauh dari nasi, disarakan mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lain yang kalori dan gulanya lebih rendah gaes. 

BACA JUGA: Tips dan Trik Menghindari Mabuk Perjalanan saat Bepergian Jauh, Cek Disini Gaes!

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum beberapa bahan makanan yang juga bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat selain nasi untuk memperlancar diet gaes. Apa saja itu? Yuk simak bahan-bahannya berikut ini. 

1. Jagung

Sudah terkenal sejak lama bahwa jagung menyimpan banyak kekayaan karbohidrat yang bisa menggantikan posisi nasi gaes.

Oleh sebab itu, tak sedikit masyarakat yang mengganti nasi dengan jagung rebus lho. Dengan serat yang jauh lebih tinggi, membuat keberadaan jagung menjadi jauh lebih baik dibandingkan nasi gaes. 

Jadi, kamu bisa mulai diet dengan mengkonsumsi jagung setiap hari gaes.

2. Ubi

Ubi jalar biasanya sering dijumpai dengan warna ungu, merah, dan juga orange gaes. 

Ubi orange mengandung beta karoten yang akan diolah tubuh menjadi vitamin A dan juga bisa mencegah kanker lho gaes.

Sedangkan ubi bisa digunakan sebagai pewarna alami. Ubi ungu baik untuk penyumbatan pembuluh darah dan punya kandungan antioksidan yang tinggi gaes.

3. Kentang 

Kandungan karbohidrat kentang jauh lebih rendah dibandingkan nasi, sehingga produksi gula dan kalori menjadi sedikit gaes. 

Cara mengonsumsinya pun cukup mudah lho, yaitu dengan cara direbus hingga empuk dan siap disantap. Selain itu, kentang juga cocok dipadupadankan dengan sayur atau lauk pendamping gaes.

4. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu bahan makanan yang terbuat dari serat gandum pilihan gaes. Oat sendiri punya manfaat untuk menurunkan kolesterol tubuh lho gaes.

Oatmeal bisa dikonsumsi dengan makanan penunjang lainnya baik yang rasanya asin maupun manis tergantung sesuai selera sendiri gaes. 

BACA JUGA: Fakta-fakta Viral Obat Diet Palsu versi dr Richard Lee di Podcast Deddy Corbuzier, Biasa Promo Endorse Artis Gaes

Misalnya nih kamu bisa mencampurkan oatmeal dengan pisang dan susu ataupun dengan makanan yang kaya protein seperti telur gaes.

5. Whole Wheat Pasta 

Whole wheat pasta menggunakan tepung berbahan dasar tepung whole wheat atau tepung gandum utuh. Artinya, tepung tersebut juga mengandung bagian kulit ari atau biji gandum utuh gaes. 

Gak cuma mengandung protein, lemak, dan karbohidrat kompleks saja, Whole wheat pasta juga memiliki kandungan tambahan lainnya yaitu vitamin gaes. 

6. Kacang-kacangan 

Kandungan karbohidrat dalam kacang-kacangan juga cukup tinggi lho, bahkan mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat harian gaes. 

Kamu bisa memilih jenis kacang mana yang sesuai dengan selera. Namun,  kacang yang awam dan mudah ditemukan di pasar adalah kacang tanah dan kacang kedelai gaes.

7. Pisang 

Buah pisang juga bisa mengenyangkan tubuh karena mengandung karbohidrat dan juga kalori gaes. Gak cuma itu aja, serat yang ada dalam buah pisang bisa membantu melancarkan pencernaan lho. Karena zat pati dalam pisang bisa meningkatkan kesehatan usus dan mengendalikan kadar gula dalam tubuh gaes.

BACA JUGA: 8 Tips Diet Sehat Untuk Turunkan Berat Badan, Mau Coba?

8. Kurma 

Kurma termasuk buah kering yang mengandung karbohidrat tinggi lho gaes. Ada 17,99 g karbohidrat dalam satu kurma Medjool. Selain karbohidrat, buah kering ini juga kaya akan kandungan serat, kalsium, fosfor, kalium, dan juga vitamin A, sehingga sangat baik untuk kesehatan gaes.

Nah, itu dia gaes 8 bahan makanan yang juga bisa jadi sumber karbohidrat untuk melancarkan diet gaes. Semoga bermanfaat~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




Bahan Makanan Sumber KarbohidratMakanan KarbohidratSumber Karbohidrat DietMakanan DietMakanan Karbohidrat DietMakanan Memperlancar Diet

Share to: