8 Tips dan Trik Menjaga Imunitas Tubuh Agar Selalu Sehat di Masa Pandemi

8 Tips dan Trik Menjaga Imunitas Tubuh Agar Selalu Sehat di Masa Pandemi

8 Tips dan Trik Menjaga Imunitas Tubuh Agar Selalu Sehat di Masa Pandemi

Cara menjaga imunitas tubuh, informasi tips dan trik di KUYOU.id (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu yang mau menjaga imunitas tubuh agar selalu sehat di masa pandemi ada beberapa tips dan triknya nih yang harus kamu tahu gaes. 

Masa pandemi menuntut kita semua untuk hidup lebih sehat. Selain menggunakan masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan, imun tubuh juga harus ditingkatkan agar selalu tetap sehat gaes.

Sistem imun tubuh bisa ditingkatkan dengan beberapa cara seperti melakukan pola hidup sehat. Selain itu, rutin meminum vitamin D dan C juga bermanfaat sebagai antioksidan lho gaes. 

BACA JUGA: 8 Tips dan Trik Mengetahui Karakter Seseorang Tanpa Bertanya, Cek Disini Gaes!

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum beberapa tips dan trik menjaga imunitas tubuh  agar selalu sehat di masa pandemi gaes. Apa itu? Yuk simak ulasannya berikut ini. 

1. Rajin Olahraga 

Tips dan trik yang pertama yang harus dilakukan adalah rajin olahraga gaes. Pasalnya, olahraga menjadi bagian paling penting dari kesehatan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh gaes.

Salah satu cara olahraga yang bisa meningkatkan fungsi kekebalan tubuh adalah dengan meningkatkan sirkulasi secara keseluruan sehingga lebih mudah bagi sel-sel kekebalan dan molekul pelawan infeksi lainnya untuk bergerak lebih mudah ke seluruh tubuh.

2. Tidur yang Cukup 

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami yang bisa kamu lakukan adalah dengan beristirahat atau tidur yang cukup gaes.

Hal ini dikarenakan ketika kamu memiliki waktu tidur yang kurang, maka bisa menjadi penyebab badan menjadi lebih letih dan juga lesu. Dengan begitu, daya tahan pun akan menjadi melemah gaes. Begitu juga dengan tidur yang berlebihan atau terlalu sering, ini juga tidak baik lho. 

Pasalnya, badan yang kurang gerak nantinya juga akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih berkurang. Untuk itu, kamu perlu memiliki waktu tidur yang cukup dan tidak berlebihan.

3. Makan Sehat 

Selain istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan yang seimbang juga menjadi salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh agar tetap sehat selama pandemi gaes.

Cara meningkatkan imun tubuh secara alami adalah dengan mengonsumsi buah-buahan, sayur dan biji-bijian. Serat dalam makanan nabati memberi makan mikrobioma usus atau komunitas bakteri sehat di usus gaes. 

Mikrobioma usus yang kuat bisa meningkatkan kekebalan dan membantu mencegah patogen berbahaya memasuki tubuh lewat saluran pencernaan.

4. Banyak Minum Air Putih

Air berperan penting dalam tubuh termasuk pada sistem kekebalan tubuh gaes. Cairan dalam sistem peredaran darah yang disebut getah bening bisa membawa sel-sel kekebalan yang melawan infeksi ke seluruh tubuh yang sebagian besar terdiri dari air gaes.

BACA JUGA: Tips dan Trik Melacak Handphone yang Hilang, Kamu Harus Tahu Ini Gaes!

Dehidrasi bisa memperlambat pergerakan getah bening yang terkadang menyebabkan gangguan sistem kekebalan tubuh gaes. 

5. Konsumsi Vitamin

Dengan mengkonsumsi vitamin bisa menjaga imun tubuh dari terkena berbagai macam penyakit, salah satunya adalah virus corona yang sedang melanda ini. 

Namun, selain mengkonsumsi suplemen dalam bentuk tablet ataupun pil, ada baiknya kamu juga mendapatkan vitamin tersebut langsung dari sumbernya, seperti dengan memakan buah-buahan gaes.

Buat kamu yang mau mendapatkan vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, maka tak ada salahnya untuk rutin mengkonsumsi buah strawberry dan juga jeruk gaes. Pasalnya, buah-buah ini punya kandungan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh gaes.

6. Hindari Stress

Tips dan trik meningkatkan imun tubuh yang lainnya adalah usahakan untuk menghindari hal yang membuat kamu menjadi stress gaes.

Jika kamu stres dan berlangsung lama, tubuh akan merespon dengan menekan sistem kekebalan tubuh dan kemungkinan meningkatkan infeksi yang terjadi lho gaes.

7. Mengurangi Rokok

Selanjutnya, cara menjaga imun tubuh tetap stabil dan sehat adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok gaes. Hal ini juga bisa membantu untuk mengurangi potensi terjangkitnya virus corona lho. Sebab, ketika kamu merokok, maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan paru paru gaes.

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Tips dan Tutorial Cara Export Chat WhatsApp ke Telegram Gaes

8. Menjaga Kebersihan 

Kamu juga nggak boleh lupa untuk menjaga kebersihan gaes. Baik kebersihan tubuh, rumah, meja kerja hingga benda-benda disekeliling kamu. Pasalnya, lingkungan yang tidak bersih bisa menjadi sumber penyakit lho. Makanya, menjaga kebersihan juga penting banget untuk meningkatkan imunitas tubuh gaes.

Nah, itu dia 8 tips dan trik menjaga imunitas tubuh agar selalu sehat di masa pandemi. Semoga bermanfaat~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




Tips Menjaga Imunitas TubuhTrik Menjaga Imunitas TubuhCara Menjaga KesehatanTips Tingkatkan Imunitas TubuhCara Menjaga Kesehatan di Masa PandemiTips dan Trik

Share to: