8 Cara Fokus Belajar Online di Rumah Selama Pandemi, Nomor 3 Penting Banget Gaes

8 Cara Fokus Belajar Online di Rumah Selama Pandemi, Nomor 3 Penting Banget Gaes

8 Cara Fokus Belajar Online di Rumah Selama Pandemi, Nomor 3 Penting Banget Gaes

Cara Fokus belajar online selama pandemi COVID19 (Sumber Foto: Pixabay)


Berikut adalah cara fokus belajar online di rumah selama pandemi COVID19 yang bisa kamu lakukan gaes. 

Dengan situasi pandemi COVID19, sekolah maupun perguruan tinggi kini mengadakan pembelajaran secara daring atau online dari rumah dengan panduan dan bimbingan belajar dari guru maupun dosen.  

Namun, ternyata aktivitas belajar dari rumah ini nggak sepenuhnya mudah dan malah terasa cukup sulit bagi sebagian kalangan gaes. Karena dibutuhkan tekad yang kuat dan pola pikir positif untuk membentuk kebiasaan belajar yang sangat efektif selama belajar online dari rumah.

BACA JUGA: Begini Cara Daftar Apps CLUBHOUSE Audio Pakai Invitation, Bisa Bikin Kamu Pintar Gaes

Godaan saat belajar dari rumah sangatlah banyak, bahkan nggak sedikit murid ataupun mahasiswa jadi main-main dan tidak fokus saat belajar gaes. 

Untuk itu, kali ini Tim KUYOU.id punya beberapa cara untuk meningkatkan kefokusan saat belajar online di rumah selama pandemi gaes. Apa saja itu? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Siapkan Tempat Khusus Belajar 

Situasi dan kondisi yang terjadi di sekitar sangat berpengaruh pada tingkat konsentrasi belajar gaes. Jika tempat belajar kurang kondusif, sebaiknya cari tempat lain yang lebih sepi atau tenpat khusus bejalar, seperti kamar. Cara ini dilakukan agar kamu bisa memahami materi yang diajarkan dengan baik, pastikan juga kalau tempat belajar tetap dalam keadaan nyaman ya! 

2. Tentukan Durasi Waktu Belajar 

Cara yang kedua adalah harus mendurasikan waktu belajar dengan membuat rencana atau mengatur jadwal belajar, sebisa mungkin patuhi aturan 8 jam dalam satu hari. 

Jangan belajar secara berlebihan seperti lebih dari 10 jam. Pasalnya, otak juga butuh istirahat gaes. Jadwal yang teratur membuat kamu akan lebih fokus dalam belajar online dan mengerjakan setiap hal yang tertera pada jadwal gaes. 

3. Selalu Komunikasi yang Baik dengan Guru 

Salah satu kunci sukses pembelajaran secara daring adalah memiliki hubungan baik dengan guru maupun dosen gaes.  

Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan tentang perkuliahan, pembelajaran atau hal lain yang lebih spesifik. 

Hubungi orang-orang yang terkait juga jika kamu memiliki masalah akademis atau bahkan pribadi gaes. Mungkin nantinya mereka bisa memberikan nasihat yang tepat tentang mata pelajaran yang mempengaruhi kinerja kamu.

4. Jangan Menunda Tugas 

Jangan biarkan diri kamu menunda mengerjakan tugas dari sekolah maupun perguruan tinggi walaupun waktu pengumpulannya masih jauh gaes. 

BACA JUGA: 8 Tips Cara Aman Berkendara di Musim Hujan, Wajib Tahu Gaes!

Sebab, hal tersebut tidak baik dan bisa membuat beban semakin berat lho! Gunakan waktu sebaik mungkin. Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk hal-hal yang kurang penting seperti menonton televisi dan Netflix secara berlebihan atau memeriksa akun media sosial yang kamu sukai gaes.

5. Siapkan Waktu Istirahat 

Karena terburu-buru untuk menyelesaikan semua tugas, seseorang sering kali melupakan waktu untuk istirahat yang tentunya sangat dibutuhkan gaes. 

Terlalu banyak belajar akan membuat seseorang terlalu mudah merasa lelah dan mungkin bisa menghalangi untuk memproses informasi dengan benar gaes.

Maka dari itu, luangkan waktu untuk beristirahat dengan melakukan tidur siang secukupnya gaes. Begitu juga di malam hari harus tidur dengan teratur dan jangan sampai begadang gaes. Hal ini sangat membantu untuk belajar lebih efektif dan fokus untuk seterusnya.

6. Catat Materi yang Penting 

Sama seperti halnya saat di sekolah maupun kampus, catatlah setiap materi yang dianggap penting terutama yang ada rumusnya gaes. 

Pasalnya, jika ada tugas atau ujian kamu bisa membuka catatan dan mengerjakannya dengan baik. Namun, jangan mencatat saat dosen sedang menjelaskan sebuah materi ya gaes!

Akan lebih baik kalau kamu mendengarkan semua materinya dulu, lalu mencatatnya setelah jam belajar selesai. 

Cara ini memang akan membuat memori kamu bekerja lebih keras untuk mengingat semuanya gaes. Tapi inilah cara paling ampuh agar kinerja otak tetap terlatih dengan baik meskipun hanya belajar di rumah saja.

7. Matikan Notifikasi Gadget

Menjauhkan gadget tapi tidak mematikan notifikasinya sama saja akan mengganggu fokus belajar online gaes. Pasalnya, notifikasi yang muncul di layar tentu akan mengundang hasrat untuk membuka gadget. 

Akibatnya kamu jadi tidak fokus bahkan lupa sama materi apa yang tadinya dibicarakan. Lebih baik mute semua notifikasi pada gadget, terutama notifikasi pada media sosial gaes. 

8. Jangan Kebanyakan Ngemil 

Sebenarnya tidak masalah kalau mau ngemil saat mengikuti proses belajar mengajar secara online, tapi jangan terlalu banyak gaes. 

Bukannya belajar, kamu jadi lebih fokus sama apa yang dimakan. Bahkan nggak sedikit yang malah menjadi kantuk akibat kebanyakan ngemil, sehingga proses belajar mengajar terpaksa ditinggal.

BACA JUGA: Fakta Viral Pacaran Toxic Netizen Msepthyara dan Ali Albasyah, Edelenyi-Gaga Part II

Nah, itu dia gaes 8 cara fokus belajar online dirumah saja selama pandemi COVID19. Semoga bermanfaat~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




Cara Fokus Belajar OnlineCara Belajar OnlineTips Belajar Online saat Pandemi\Belajar Online Tetap FokusBelajar OnlinePandemi COVID19

Share to: