Selain Danging, 8 Bahan Makanan Ini Bagus Dijadikan Sumber Protein Sehat Gaes

Selain Danging, 8 Bahan Makanan Ini Bagus Dijadikan Sumber Protein Sehat Gaes

Selain Danging, 8 Bahan Makanan Ini Bagus Dijadikan Sumber Protein Sehat Gaes

Bahan makanan ini sumber protein yang sehat (Sumber Foto: Pixabay)


Kini semakin banyak orang yang memilih mengurangi konsumsi daging dan beralih ke sumber protein pengganti daging lainnya untuk berbagai alasan gaes. Mulai dari adaptasi untuk menjadi seorang vegan, upaya mengurangi jejak karbon, menurunkan risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes, atau hanya ingin membatasi produk daging olahan saja gaes.

Nyatanya selain daging, masih banyak juga bahan makanan yang merupakan sumber protein lainnya yang bisa dikonsumsi lho gaes. 

BACA JUGA: Ngakak Abis, 8 Menu Makanan Kocak Ini Dijamin Bikin Kamu Bingung

Penasaran apa saja bahan makanya? berikut Tim KUYOU.id sudah merangkum 8 bahan makanan yang baik untuk dijadikan sumber protein sehat untuk kamu. 

1. Buah Alpukat

Siapa sih yang nggak kenal dengan buah alpukat, buah ini sering kali digunakan sebagai salah satu makanan diet gaes. Buah hijau yang super padat ini begitu lezat dan creamy berkat adanya kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan protein yang dimilikinya gaes. Makanya kebanyakn orang sering banget menggunakan alpukat sebagai sumber protein gaes. 

Setengah buah alpukat segar ukuran sedang mengandung 77% lemak, 19% karbohidrat, dan 4% protein (2 gram). Kamu bisa memakannya langsung ketika sudah matang, bisa juga dengan memasukkan irisan alpukat ke dalam salad agar rasanya lebih nikmat gaes.  

2. Bayam 

Pada dasarnya sayuran tidak memiliki kandungan protein yang sama banyaknya seperti kacang atau biji-bijian, tetapi beberapa jenis sayuran berdaun hijau ternyata ada yang bisa dijadikan sumber protein, yaitu bayam gaes.

Sayuran ini cendrung mengandung jumlah nutrisi yang hampir menyamai kandungan protein pada biji-bijian. Bahkan juga diperkaya oleh antioksidan dan serat yang tentunya baik untuk kesehatan jantung lho gaes. 

Sehingga kamu bisa juga menggunakan bayam sebagai salah satu protein nabati pada makan gaes.

3. Kentang 

Kentang dikenal sebagai makanan sumber karbohidrat, yang biasanya digunakan sebagai pengganti nasi oleh orang-orang yang sedang dalam proses diet. 

Namun, pada dasarnya satu buah kentang ukuran sedang sekitar 150 gram yang direbus dengan kulit dan tanpa garam mengandung 4 gram protein bersama dengan sekitar 20% dari asupan harian yang direkomendasikan dari kalium yang bisa  mendorong kesehatan jantung gaes.

4. Greek Yoghurt

Yogurt adalah salah satu jenis minuman yang cukup disukai oleh para kaum diet karena kandungan dan nilai gizinya yang baik. Salah satu jenis yogurt yang cukup sehat adalah Greek yogurt. Dimana yogurt jenis ini sangat kental gaes. Rasanya lezat, memiliki tekstur lembut, dan mengandung banyak nutrisi.

BACA JUGA: Perbedaan Tepung Tapioka, Tepung Kanji dan Tepung Sagu, Hasil Gorengan Makanannya Beda Gaes!

Meski semua yogurt memiliki sumber protein alami yang baik, tapi jenis yang satu ini menyediakan sekitar 17 gram protein dalam satu porsi 8 ons lho.  Artinya hampir dua kali lipat dari jumlah protein yang ditemukan dalam yogurt biasanya gaes.

5. Selai Kacang 

Kacang-kacangan memang terkenal kaya akan protein, salah satunya adalah kacang tanah. Namun, kalau kamu menginginkan makanan kaya akan protein dengan rasa yang super nikmat, mungkin selai kacang bisa menjadi pilihannya gaes.

Pasalnya, selai kacang memiliki rasa yang nikmat dan bisa dijadikan campuran untuk berbagai makanan. Tapi, kamu juga perlu mengusahakan untuk menggunakan selai kacang yang rendah kalori, dan tidak mengandung gula ya gaes!

6. Quinoa 

Quinoa pada dasarnya termasuk ke dalam bahan makanan yang merupakan keluarga biji-bijian gaes. 

Quinoa diperkaya oleh protein, serat, zat besi, magnesium, mangan, dan termasuk semua sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perbaikan sehingga quinoa sering disebut sebagai "protein sempurna" lho gaes.

7. Telur

Telur adalah salah satu makanan tinggi protein yang harganya sangat terjangkau dan mudah didapatkan, serta mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat gaes. 

Menambahkan telur ke dalam makanan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan protein dan juga bisa membantu mengurangi asupan kalori sehingga bisa menurunkan berat badan gaes.

8. Chia Seeds 

Biji chia bisa ditaburkan di atas salad, diaduk ke yoghurt atau oatmeal, dicampur ke dalam smoothies, atau dijadikan bintang utama dalam menu makan kamu gaes. 

BACA JUGA: Selain Nasi, 8 Bahan Makanan Ini Bisa Dijadikan Sumber Karbohidrat untuk Diet Gaes

Cukup dua sendok makan biji Chia, tubuh kamu akan diperkaya oleh protein dan serat pangan. Chia juga merupakan sumber pangan yang baik untuk zat besi, kalsium, zinc, dan antioksidan lho gaes.

Nah, itu dia 8 bahan makanan yang bagus untuk dijadikan sumber protein sehat selain daging gaes. Semoga bermanfaat~ (Olivia Victoria Simanjuntak)




Bahan Makanan Sumber ProteinMakanan ProteinSumber Protein SehatMakanan SehatMakanan Protein Sehat

Share to: