8 Hal Penting untuk Pemula yang Baru Mulai Bersepeda, Wajib Tahu Gaes!

8 Hal Penting untuk Pemula yang Baru Mulai Bersepeda, Wajib Tahu Gaes!

8 Hal Penting untuk Pemula yang Baru Mulai Bersepeda, Wajib Tahu Gaes!

Hal-hal penting yang harus dilakukan untuk pemula saat baru mulai bersepeda (Sumber Foto: Pixabay)


Buat kamu pemula yang baru mulai melakukan aktivitas bersepeda, harus benget nih mengetahui hal-hal penting saat bersepeda gaes. 

Seperti yang kita tahu, pandemi virus Corona saat ini membuat banyak orang harus tetap berada di dalam rumah, kecuali melakukan perjalanan penting. Untuk mengisi waktu luang itu, kamu bisa melakukan olehraga gaes. Salah satu, jenis olahraga yang diperbolehkan dilakukan di luar saat ini adalah bersepeda. 

Makanya nggak heran kalau baru-baru ini harga sepeda naik drastis, karena hampir semua kaum muda bahkan orangtua berlomba-lomba membeli sepeda untuk mengisi waktu luangnya di masa pandemi

Jika kamu juga salah satu yang baru dalam kegiatan bersepeda ini, kamu wajib banget mengetahui hal-hal penting yang harus dilakukan oleh pemula saat baru mulai bersepeda gaes.

BACA JUGA: Hal-hal yang Bikin Orang Takut Jadi Inisiatif, Quotes dari Pandji Pragiwaksono Ini Relate

Nah, kali ini Tim KUYOU.id sudah merangkum hal-hal penting untuk pemula yang baru mulai bersepeda. Apa itu? Yuk simak ulasannya berikut ini. 

Beli Produk Lokal 

Belilah sepeda pertama kamu di toko sepeda lokal gaes. Pasalnya, kamu akan bisa memastikan sepeda tersebut cocok buat kamu atau tidak, dan pelayannya akan membantu kamu menyiapkannya gaes. Bahkan mungkin kamu akan diberikan penawaran layanan gratis selama enam bulan pertama menggunakan sepeda itu gaes. 

Selain itu, dengan membeli sepeda lokal pastinya kamu akan mendapatkan harga yang lebih rendah gaes. 

Temukan Sepeda Paling Nyaman Buat Kamu

Banyak pengendara sepeda profesional yang sudah berkendara selama puluhan tahun tapi masih menyesuaikan kesesuaian sepeda mereka. Terutama dalam hal performa, bagi sebagian pengendara sepeda adalah proses penyesuaian yang nggak pernah berakhir berdasarkan faktor individu gaes.

Apalagi buat kamu yang baru masuk dalam kebiasaan bersepeda penting banget nih untuk mencari sepeda yang nyaman buat kamu. 

Pelajari Cara Memperbaikinya 

Sebagai pemula kamu juga harus tahu cara dasar yang bisa dilakukan untuk memperbaiki sepeda gaes. Apalagi kalau sepeda tiba-tiba rusak saat kamu sedang bersepeda sendirian. 

Jadi, jika saat ini kamu belum tahu bagaimana caranya, sebaiknya kamu segera bertanya pada teman bersepeda kamu atau bisa langsung tanyakan ke toko-toko sepeda terdekat ya gaes. 

Bergabung dengan Komunitas Bersepeda 

Dengan bergabung bersama suatu komunitas, pastinya akan membuka wawasan kamu lebih dalam lagi gaes. Misalnnya nih, bergabung dengan komunitas sepeda, kamu pasti memperoleh banyak informasi tentang sepeda yang mungkin kamu belum tahu gaes.

Jadi, jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas, apalagi komunitas yang bisa memberi ilmu baru buat kamu gaes. 

Jangan Bertahan dengan Pelana yang Tidak Nyaman 

Pelana adalah salah satu bagian yang sangat penting pada sepeda. Karena dipelanalah kamu duduk selama bersepeda. Kenyamanan duduk yang kamu rasakan akan sangat mempengaruhi kegiatan bersepeda kamu lho gaes. 

BACA JUGA: Tips dan Trik Bikin Hampers Anti Ribet Buat Kamu yang Bingung Pilih Hadiah Nih

Jadi, ikutilah yang diinginkan tubuh, cari tahu di mana area yang membuat kamu tidak nyaman dan cari solusi terbaiknya dengan mencoba langsung sebelum kamu membelinya.

Percaya Diri saat di Jalan 

Berkendara sekitar satu meter dari tepi jalan akan memberi kamu ruang untuk bergerak di sekitar rintangan dan mendorong pengguna jalan lain untuk memberi kamu lebih banyak ruang saat menyalip gaes.

Maka dari itu, patuhilah kode jalan raya, dan ikuti pedoman yang diterbitkan oleh pemerintah terutama mengambil Posisi Utama atau tengah jalur di persimpangan, bundaran, dan area lain yang tidak aman untuk dilewati pengguna jalan lain gaes.

Ketahui Teknik Dasar 

Kamu nggak perlu mengikuti khursus bersepeda, tapi kamu perlu mempelajari teknik dasar dalam bersepeda. Seperti tahu rem mana yang harus digunakan saat akan mengerem mendadak gaes. 

Kamu juga perlu tahu saat menikung, pastikan untuk memperlambat ke kecepatan yang sesuai sebelum kamu menikung, ini akan menghemat pengereman di atasnya. Selain itu, angkat lutut bagian dalam dan berikan beban ke luar untuk menjaga keseimbangan gaes.

Jangan Lupa untuk Beristirahat 

Saat kamu sudah jauh mengayuh sepeda jangan lupa untuk berhenti dan beristirahat gaes. Misalnya nih, kalau kamu berkendara selama lebih dari 90 menit, ambilah camilan seperti sereal, atau roti untuk mengembalikan energi yang sudah terkuras. 

Lebih baik lagi kalau kamu membawa air dalam botol yang dipasang di rangka sepeda gaes.

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Tips Cara Membuat Power Point yang Menarik untuk Menunjang Presentasi Gaes

Nah, itu dia hal-hal penting untuk pemula yang baru memulai bersepeda yang wajib banget kamu tahu gaes. (Olivia Victoria Simanjuntak) 




hal penting untuk bersepedatips penting pemula saat bersepedacara pemula bersepedahal penting saat bersepedaharga sepedacara penting bersepeda

Share to: