Fakta Kronologi Young Lex Plagiat Video Klip Lay EXO, Masuk Berita China, Korea dan Gak Akan Minta Maaf Gaes!

Fakta Kronologi Young Lex Plagiat Video Klip Lay EXO, Masuk Berita China, Korea dan Gak Akan Minta Maaf Gaes!

Foto

Kronologi Young Lex Plagiat Video Klip Lay EXO dalam kolase (Foto: Twitter/YoungLex)


Berikut kronologi Young Lex dugaan plagiat video klip terbaru berjudul Raja Terakhir yang mirip dengan video klip Lay EXO berjudul 'Lit', Hal tersebut membuat seluruh fans K-POP geram dan menyerang Young Lex gaes.

Young Lex merilis video klip berjudul Raja Terakhir dalam rangka bekerjasama dengan game Three Kingdoms: Hero Legendaris. Dengan cepat penggemar K-POP melihat kesamaan video tersebut dengan MV milik anggota EXO yang berasal dari China tersebut.

Trending topik hingga disorot media luar, berikut fakta dan kronologi Young Lex diduga melakukan plagiarisme untuk video klip terbarunya.

Young Lex Rilis Video Klip "Raja Terakhir"

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Young Lex merilis video klip berjudul "Raja Terakhir" pada 8 Maret 2021 kemarin.

Baca Juga: Wajah Ian Kasela Tanpa Kacamata FYP TikTok, Joget Bareng Sang Anak Hugo Kasela Gaes

Video klip tersebut menunjukkan sebuah gambaran naga dengan rumah adat Tiongkok gaes. Hal ini pun menjadi perdebatan karena kemiripan dengan MV Lay yang berjudul "Lit."

Kini video tersebut sudah gak ada lagi di kanal YouTube milik Young Lex, namun cuplikannya beredar luas di sosial media terkait isu plagiarisme.

Bekerjasama dengan Game Three Kingdoms: Hero Legendaris

Ternyata Video Klip dan lagu "Raja Terakhir" ini merupakan kerja sama Young Lex dengan game Three Kingdoms: Hero Legendaris.

"Raja Terakhir" merupakan official song game yang bekerjasama dengan sebuah agensi dan menjadikan Young Lex sebagai Brand Ambassador untuk mengiklankan game tersebut.

Netizen Temukan Kesamaan Video Klip dengan Milik Lay EXO

Sayangnya hampir seluruh video klip "Raja Terakhir" memiliki kemiripan dengan MV Lay yang berjudul "Lit."

Bahkan mereka juga memunculkan gambaran sebuah naga yang sama dengan gerakan, tema dan unsur yang sama pula gaes. Hal ini tentu saja menarik perhatian banyak orang. 

Young Lex Dituding melakukan Plagiat

Akhirnya isu tentang kesamaan video klip ini pun meledak di sosial media. Young Lex mendapat kritikan tajam dari netizen terutama penggemar K-POP.

Baca Juga: Fakta-fakta Pelakor Nadya Arifta, Jadi Orang Ketiga di Hubungan Kaesang dan Felicia

Gak terima kolom komentar video klipnya diserbu oleh penggemar K-POP, rapper 28 tahun itu pun memberikan serangan balik.

Sayangnya komentar tersebut hilang setelah beberapa saat dan video klipnya hilang di kemudian hari.

Penggemar Marah Karena MV Lay Mengandung Unsur Budaya China

Selain karena isu plagiat, penggemar K-POP dibuat marah karena pihak produksi video "Raja Terakhir" gak mencari tahu seluk beluk tentang MV "Lit" terlebih dahulu.

Pasalnya, MV tersebut mengandung unsur budaya China yang sangat kental. Lay juga menggunakan MV tersebut untuk mengenalkan budaya China ke kancah dunia dengan lagunya.

Selain itu, MV tersebut juga menghabiskan dana sebanyak Rp 20 miliar dan menggunakan lebih dari 100 aktor figuran!

Baca Juga: Fakta-fakta Lengkap soal Hipospadia, Kelainan Kelamin Aprilia Manganang dari Wanita Jadi Wanita Jadi Pria Gaes

Produksinya juga di garap di Zhejiang Hengdian World Studios di China yang merupakan salah satu studio luar ruang terbesar di dunia lho!

Dapat Sindiran dari Chandra Liow

Selain penggemar K-POP, Chandra Liow sebagai konten kreator dan director pun ikut buka suara gaes!

Dia juga ikut menyindir Young Lex yang diduga melakukan plagiarisme di video klip terbarunya. Gak hanya itu, Chandra Liow juga akan menayangkan "Reaksi Editor Indonesia Eps. Plagiat Lay - Lit" hari ini di YouTube lho.

Isu Plagiat Trending Topik di Twitter Gaes

Sejak ditemukannya kemiripan MV "Raja Terakhir" dengan "Lit" nama beberapa keyword mendominasi trending topik Twitter di Indonesia dan berbagai negara lainnya.

Salah satunya adalah kata "Lele" dan "Young Lex" yang menyindir bentuk naga di video klip "Raja Terakhir" dan juga RESPECT ZHANG YIXING.

Penggemar menuntut permintaan maaf Young Lex dan pihak produksi atas kesamaan yang disengaja tersebut.

Kasus Plagiarisme Young Lex Disorot Media Luar

Setelah menjadi trending topik, kasus Young Lex pun menjadi pemberitaan media luar. Netizen di China yang merupakan penggemar Lay juga ikut meluapkan kekesalannya lho.

Sayangnya, hal ini membuat banyak orang geram ketika nama musisi Indonesia disebut sebagai plagiat tepat di hari musik nasional pada 9 Maret 2021 kemarin.

Pihak Game Three Kingdoms: Hero Legendaris Minta Maaf

Akhirnya pihak game Three Kingdoms: Hero Legendaris menuliskan permintaan maaf atas kesamaan video klip tersebut.

Melalui sebuah pernyataan, mereka mengaku bersalah dan akan memeriksa ulang video klip yang kini telah hilang tersebut. Gak hanya itu gaes, mereka juga kana menindak tegas dengan memecat pekerja agensi yang bersangkutan.

"Kami akan memeriksa ulang dan memecat pekerja dari agensi yang bersangkutan."

Young Lex Enggan Minta Maaf

Sayangnya, Young Lex terus mencari masalah dengan penggemar K-POP. Dia mengaku gak tahu bahwa video klipnya mirip dengan MV "Lit."

Baca Juga: Fakta-fakta Menarik Webseries Love Is Us, Relate Banget Sama Gen Z Gaes

Dia mengatakan bahwa hanya berpartisipasi dalam penciptaan lagu dan gak turut serta dalam proses kreatif dan produksi. Dia juga membuat klarifikasi secara live di kanal YouTubenya pada 9 Maret 2021 kemarin.

Meski begitu, video klip "Raja Terakhir" sudah tidak tersedia di kanal YouTube miliknya.

Jangan sampai ketinggalan info terbaru tentang artis dan idola kamu hanya di KUYOU.id dan Instagram @kuyou_id ya!

Itulah kronologi Young Lex terkait dugaan plagiat video klip terbarunya yang berjudul Raja Terakhir dan memiliki banyak kesamaan dengan video klip Lit milik Lay EXO. 




Young LexVideo Klip Raja TerakhirGame Three KingdomsZHANG YIXINGkronologi young lex plagiatfakta young lex plagiatyoung lex plagiatlay exothree kingdoms: hero legendarissamuel alexander pieter

Share to: